HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK

Authors

  • Michelle Margaretha Putrikirana Sondey Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i1.1349

Keywords:

Internet, Sumber Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X SMK Negeri 2 Tondano. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Tondano sebanyak 203 siswa, sampel yang diperoleh sebanyak 40 siswa dengan teknik Proportional Random Sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasi product moment. Pengumpulan data untuk pemanfaatan internet menggunakan angket, sedangkan untuk hasil belajar diambil dari nilai raport siswa disekolah. Penelitian berikut menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pada Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X di SMK Negeri 2 Tondano dengan koefisien korelasi sebesar 0,787 artinya korelasi diantara variabel X dan variabel Y adalah korelasi yang kuat. Selanjutnya hasil dari perhitungan koefisien determinasi sebesar r2 = 0,619 yang berarti variabel X berpengaruh terhadap variabel Y sebesar 61,9%. Pada Hasil belajar simulasi dan komunikasi digital 100% siswa kelas X SMK Negeri 2 Tondano yang menjadi responden juga dikategorikan tuntas sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ada.

References

Arief S. (1989). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: CV. Rajawali.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ekayana, A. (2015). Pemanfaatan Internet Sebagai Salah Satu Sumber Belajar Siswa Dan Guru Di Jurusan Teknik Elektronika. JPTK: 121-130.

Jannah, M. (2017). Hubungan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dengan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X Lab School Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, V(2): 78-91.

Khairani. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas Xii Ips SMA Negeri 9 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1): 77-86.

Khairoiyah, S. (2018). Penggunaan TIK Dan Internet Sebagai Media Belajar Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1): 23-29.

Mentari, S. (2016). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Hak Asasi Manusia (Ham) Bagi Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 12 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(4): 635-649.

Mujahidi, K. (2014). Pemanfaatan Internet Seabagai Sumber Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas ISLAM Negeri Mulana Malik Ibrahim Malang. Modernisasi, V(10): 97-108.

Ni’mah, U. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam. Proceeding Conference On Islamic Studies, 326-340.

Rohani, A., & Rahmadi, A. (1991). Pengelolaan pengajaran. Rineka Cipta.

Sasmita, R. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, V(2) : 99-103.

Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, V(2): 117-133.

Tobing, S. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Informasi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jurnal Pekan, 4(1): 64-73

Tondang, Y. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Biologi. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2): 151-159.

Yenni, Y. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Dan Kemandirian Belajaran Bagi Anak Tiban Lama. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, V(2) :7-12.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Sondey, . M. M. P., Liando, O. E. S., & Palilingan, V. R. (2021). HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 83-89. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i1.1349