PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1546Keywords:
Pendidikan, Blended learning, Hasil belajarAbstract
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan bagi peranya dimasa mendatang. Agar dapat meningkatkan kualitas suatu bangsa dapat dilihat dari peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Negeri 2 Maluku Tenggara. Jenis pnelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK) Model Lewin Menurut Eliot secara garis besar memilik tahapan dalam penelitian tesersebut yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jumlah siswa di kelas X TKJ SMK Negeri 2 Maluku Tenggara berjumlah 23 siswa yang merupakan sumbjek dalam penelitian ini. Untuk pengumpulan data peneliti mengunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam menerapkan model pembelajaran blended learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dapat dibuktikan dalam siklus pertama hasil belajar siswa meningkat menjadi 30% dari hasil pratindakan. Dan pada siklus kedua meningkat hingga 91% sehingga dapat mencapai ketuntasan minimum, untuk itu pada siklus kedua dinyatan dalam penerapan model pembelajaran blended learning dikatakan berhasil.
References
Ali, usaka, & irwandi. (2014). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Kopetensi Kejuruan Gambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Negeri 8 Padang. Pendidikan, 11.
Jhon, & dewi. (2021). Pengertian hasi belajar. Retrieved from silabus.web.id: https://www.silabus.web.id/pengertian-hasil-belajar/
Munir. (2009). Pembelajran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikas. bandung: Alfabeta.cv.
Padamu. (2016). Pengertian model pembelajaran. Retrieved from padamu.net: https://www.padamu.net/pengertian-model-pembelajaran
Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impek minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan menejemen perkantoran, 6.
Surmadi, k. (2014). Penelitian tindakan kelas. Pendidikan, 4-5.
Syarif, & Izuddin. (2012). Pengaruh Model Learning Terhadap Motivasi. Jurnal pendidikan vokasi, 138.
Vindari , e. (2020). quipper. Retrieved from Mean,median, dan modus: https://www.quipper.com/
Wardini & dkk. (2018). Daya tarik belajar di era 21 dengan blended learning. JKTP volume 1, 2.
Wasis, & Dwiyogo. (2017). Pembelajaran berbasis blended learning. malang: PT RajaGrafindo Persada, Depok.
Wasti, s. (2013). hubungan minat belajar dan hasil belajar. ejurnal.unp, 2.
Wiriaatmajaya, r. (2014). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya offset-bandung.
Yene, h. (2020). Model pembelajaran blended learning dengan media blog. Retrieved from sibatik: https://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/assets/file_upload/pengantar/pdf/pengantar_3.pdf