PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KKPI SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1790Keywords:
Minat Belajar, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana hubungan minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar KKPI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dibantu dengan SPSS IBM versi 25. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X KKPI yang ada di SMK N 1 Motoling Barat yang berjumlah 19 orang. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara minat siswa dengan hasil belajar mata pelajaran KKPI di SMK N 1 Motoling Barat. Hal ini dapat memberikan implikasi bahwa dengan adanya minat siswa yang baik dan tepat, maka akan dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran KKPI. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran KKPI di SMK N 1 Motoling Barat. Hal ini dapat memberikan implikasi bahwa dengan adanya motivasi belajar dari siswa maka akan mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran KKPI. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat siswa dan motivsai belajar secara bersama bersama-sama dengan hasil belajar mata pelajaran KKPI di SMK N 1 Motoling Barat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa motivasi belajar siswa sangat mempengaruhi dalam mengikuti mata pelajaran KKPI di SMK N 1 Motoling Barat. Hal ini dapat memberikan implikasi bahwa dengan adanya minat belajar dari siswa dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar mata pelajaran KKPI di SMK N 1 Motoling Barat.
References
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Oemar, H. (2009). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2003). Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: CV. Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenada Media Goup
Uno, H. B. (2013). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru edisi revisi. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.