PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KKPI SISWA SMK

Authors

  • Randy Aldy Pondaag Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Rudy Harijadi Wibowo Pardanus Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronika Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1790

Keywords:

Minat Belajar, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana hubungan minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar KKPI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dibantu dengan SPSS IBM versi 25. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X KKPI yang ada di SMK N 1 Motoling Barat yang berjumlah 19 orang. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara minat siswa dengan hasil belajar mata pelajaran KKPI di SMK N 1 Motoling Barat. Hal ini dapat memberikan implikasi bahwa dengan adanya minat siswa yang baik dan tepat, maka akan dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran KKPI. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran KKPI di SMK N 1 Motoling Barat.  Hal ini dapat memberikan implikasi bahwa dengan adanya motivasi belajar dari siswa maka akan mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran KKPI. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat siswa dan motivsai belajar secara bersama bersama-sama dengan hasil belajar mata pelajaran KKPI di SMK N 1 Motoling Barat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa motivasi belajar siswa sangat mempengaruhi dalam mengikuti mata pelajaran KKPI di SMK N 1 Motoling Barat. Hal ini dapat memberikan implikasi bahwa dengan adanya minat belajar dari siswa dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar mata pelajaran KKPI di SMK N 1 Motoling Barat.

References

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Oemar, H. (2009). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: CV. Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenada Media Goup

Uno, H. B. (2013). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru edisi revisi. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Pondaag, R. A., Pardanus, R. H. W., & Togas, P. V. (2021). PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KKPI SISWA SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 284-296. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1790