PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KKPI SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1790Keywords:
Minat Belajar, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana hubungan minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar KKPI Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dibantu dengan SPSS IBM versi 25 Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X KKPI yang ada di SMK N 1 Motoling Barat yang berjumlah 19 orang Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 1 Terdapat hubungan yang signifikan antara minat siswa dengan hasil belajar mata pelajaran KKPI di SMK N 1 Motoling Barat Hal ini dapat memberikan implikasi bahwa dengan adanya minat siswa yang baik dan tepat maka akan dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran KKPI 2 Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran KKPI di SMK N 1 Motoling Barat nbsp; Hal ini dapat memberikan implikasi bahwa dengan adanya motivasi belajar dari siswa maka akan mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran KKPI 3 Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat siswa dan motivsai belajar secara bersama bersama sama dengan hasil belajar mata pelajaran KKPI di SMK N 1 Motoling Barat Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa motivasi belajar siswa sangat mempengaruhi dalam mengikuti mata pelajaran KKPI di SMK N 1 Motoling Barat Hal ini dapat memberikan implikasi bahwa dengan adanya minat belajar dari siswa dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar mata pelajaran KKPI di SMK N 1 Motoling Barat < em>< p>
References
Dimyati dan Mudjiono 2009 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: PT Rineka Cipta
Oemar H 2009 Psikologi Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algessindo
Sardiman A M 2011 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slameto 2003 Belajar Faktor faktor Yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono 2012 Metode Penelitian Kombinasi Mix Methods Bandung: CV Alfabeta
Susanto A 2013 Teori Belajar dan Pembelajaran di SD Jakarta: Kencana Prenada Media Goup
Uno H B 2013 Belajar dengan Pendekatan PAILKEM Jakarta: PT Bumi Aksara
Syah M 2010 Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru edisi revisi Bandung: PT Remaja Rosda karya
