PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK ANIMASI 2D DAN 3D SISWA SMK

Authors

  • Brenda Imelda Karisoh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Daniel Riano Kaparang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Agustinus Takaredase Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1891

Keywords:

Minat Belajar, Motivasi, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar Teknik Animasi 2d dan 3d siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tondano Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental Design atau eksperimen semu dan rancangan penelitian yang digunakana dalam penelitian ini adalah Post Test Only Control Design Sebelum treatment diberikan dimasing masing kelas dilakukan pre test terlebih dahulu Setelah itu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Blendend Learning untuk kelas eksperimen dan menggunakan metode konvensional untuk kelas kontrol Setelah proses pembelajaran selesai kemudian dilakukan post< em> < em>test untuk masing masing kelas Dari hasil post test inilah diperoleh hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar Teknik Animasi 2d dan 3d siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tondano < em>< p>

References

Arikunto 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah 2002 Prestasi Belajar dan Kopetensi Guru Surabaya: Usaha Nasional

Djamarah dan Zaini A 2006 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta

Husamah H 2014 Pembelajaran bauran Blended learning Malang: Prestasi

Pustaka

Istiningsih S Hasbullah H 2015 Blended Learning Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan Jurnal Elemen Vol 1 No 1 hal 49 56

Munir 2017 Pembelajaran Digital Bandung: Alfabeta

Onta M R 2018 Efektivitas Penerapan Model Blended learning Dengan

Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Ditinjau Dari

Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj A Smk Asisi

Jakarta Tahun Ajaran 2017 2018 Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta

Riduwan 2012 Metode dan teknik menyusun proposal penelitian Bandung: Alfabeta

Sudjana N 2005 Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo

Sudjana N 2005 Metode Statistika Bandung: Tarsito

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK ANIMASI 2D DAN 3D SISWA SMK. (2021). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 297 306. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1891