PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK ANIMASI 2D DAN 3D SISWA SMK

Authors

  • Brenda Imelda Karisoh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Daniel Riano Kaparang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Agustinus Takaredase Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1891

Keywords:

Minat Belajar, Motivasi, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar Teknik Animasi 2d dan 3d siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tondano. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental Design atau eksperimen semu dan rancangan penelitian yang digunakana dalam penelitian ini adalah Post-Test Only Control Design. Sebelum treatment diberikan dimasing-masing kelas, dilakukan pre-test terlebih dahulu. Setelah itu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Blendend Learning untuk kelas eksperimen dan menggunakan metode konvensional untuk kelas kontrol. Setelah proses pembelajaran selesai kemudian dilakukan post-test untuk masing-masing kelas. Dari hasil post-test inilah diperoleh hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar Teknik Animasi 2d dan 3d siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tondano.

References

Arikunto. (2010) . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, (2002). Prestasi Belajar dan Kopetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Djamarah dan Zaini, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Husamah, H. (2014). Pembelajaran bauran (Blended learning). Malang: Prestasi

Pustaka.

Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen Vol. 1 No. 1, hal. 49-56

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta

Onta, M. R. (2018). Efektivitas Penerapan Model Blended learning Dengan

Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Ditinjau Dari

Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj-A Smk Asisi

Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.

Riduwan. (2012). Metode dan teknik menyusun proposal penelitian. Bandung: Alfabeta

Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Karisoh, B. I., Kaparang, D. R., & Takaredase, A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK ANIMASI 2D DAN 3D SISWA SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 297-306. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1891