PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK ANIMASI 2D DAN 3D SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1891Keywords:
Minat Belajar, Motivasi, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar Teknik Animasi 2d dan 3d siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tondano. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental Design atau eksperimen semu dan rancangan penelitian yang digunakana dalam penelitian ini adalah Post-Test Only Control Design. Sebelum treatment diberikan dimasing-masing kelas, dilakukan pre-test terlebih dahulu. Setelah itu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Blendend Learning untuk kelas eksperimen dan menggunakan metode konvensional untuk kelas kontrol. Setelah proses pembelajaran selesai kemudian dilakukan post-test untuk masing-masing kelas. Dari hasil post-test inilah diperoleh hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar Teknik Animasi 2d dan 3d siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tondano.
References
Arikunto. (2010) . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, (2002). Prestasi Belajar dan Kopetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Djamarah dan Zaini, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Husamah, H. (2014). Pembelajaran bauran (Blended learning). Malang: Prestasi
Pustaka.
Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen Vol. 1 No. 1, hal. 49-56
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta
Onta, M. R. (2018). Efektivitas Penerapan Model Blended learning Dengan
Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Ditinjau Dari
Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj-A Smk Asisi
Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.
Riduwan. (2012). Metode dan teknik menyusun proposal penelitian. Bandung: Alfabeta
Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.