PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2212Keywords:
Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Augmented Reality, MDLCAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran pengenalan hewan berbasis augmented reality untuk anak usia dini, sebagai media pembelajaran yang menarik serta bisa membuat anak-anak aktif dan termotivasi dalam proses belajar. Pembuatan aplikasi ini diharapkan mempermudah pengguna mengenal dan mempelajari tentang Hewan. Penulis membuat aplikasi media pembelajaran ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang memiliki 6 tahapan. Perancangan aplikasi ini menggunakan OpenSpace3D, Adobe Photoshop untuk mengolah gambar, Adobe Audition untuk mengolah audio, dan Blender untuk mengolah Objek 3D. Hasil dari penelitian meunjukan bahwa pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Hewan dapat membantu meningkatkan minat belajar anak untuk mengetahui jenis-jenis hewan sesuai dengan golongannya dengan mudah menggunakan aplikasi ini.
References
Aisyah, S. (2010). Perkembangan dan Konsep dasar pengembangan Anak Usia Dini, (Jakarta : Universitas Terbuka)
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Augusta. (2012). Pengertian Anak Usia Dini. Diambil dari http://infoini.com/pengertian anak usia dini.
Azuma, R. T. (1997). A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments
Daryanto. (2010). Media Pebelajaran. (Yogyakarta : Gava Media)
Kuntjojo. (2010). Karakteristik anak usia dini. (Jakarta: Rineka Cipta)
Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Munir. (2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. (Bandung : Alfabeta).
Rahman, H. S. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Yogyakarta : Galah)
Ramadar, P. (2014). N.S Flartoolkit Flash Augmented Reality Alt Actionscript. Buku AR Online, Solo.
Sadiman, A, S dkk. (1986). Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. (Jakarta : CV Rajawali)
Saputro, R. E. & Saputra, D. I. S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Buana Informatika.
Slamet Suyanto. (2003). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Yogyakarta : UNY)
Yulianti, D. (2010). Bermain sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. (Jakarta : PT Indeks)