PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2214Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Media Pembelajaran, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran berbasis simulasi dalam meningkatkan hasil belajar jaringan dasar siswa SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran jaringan dasar. Dari nilai rata-rata siklus I 35, 71% menjadi 92, 86% pada siklus II.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta
Asnawir, M. & Usman, B. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Bambang, K, R. (2009). IPA Biologi SMP Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Dahar, R. W. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Ibrahim, R & Syaodih, N. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Pidarta, M. (2000). Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Sarana Press.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadiman, A. S. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 39-45.
Salikara. L, Palilingan. V.R & Wajong. A, (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Simulasi Terhadap Hasil Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK. Ismart Edu: Junrnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Vol 1(2). 1-2.
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zaini, H. (2002). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTD.