PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2214Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Media Pembelajaran, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran berbasis simulasi dalam meningkatkan hasil belajar jaringan dasar siswa SMK Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas Prosedur penelitian berbentuk siklus Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan proses pembelajaran sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi tes Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran jaringan dasar Dari nilai rata rata siklus I 35 71 menjadi 92 86 pada siklus II < em>< p>
References
Arikunto S 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta
Asnawir M Usman B Media Pembelajaran Jakarta: Ciputat Pers
Bambang K R 2009 IPA Biologi SMP Jilid 1 Jakarta: Erlangga
Dahar R W 2011 Teori Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Penerbit Erlangga
Dimyati dan Mudjiono 2006 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: PT Rineke Cipta
Ibrahim R Syaodih N 2003 Perencanaan Pengajaran Jakarta: Rineka Cipta
Pidarta M 2000 Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan Sarana Press
Rusman 2013 Model Model Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sadiman A S 2003 Media Pendidikan Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA SMK Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1 3 39 45
Salikara L Palilingan V R Wajong A 2020 Pengaruh Media Pembelajaran Simulasi Terhadap Hasil Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK Ismart Edu: Junrnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Vol 1 2 1 2
Sudjana Nana 2009 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Susanto A 2016 Teori Belajar Dan Pembelajaran Jakarta: Prenada Media Group
Trianto 2012 Model Pembelajaran Terpadu Jakarta: PT Bumi Aksara
Zaini H 2002 Strategi Pembelajaran Aktif Yogyakarta: CTD
