PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MATA KULIAH PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI JARINGAN KOMPUTER

Authors

  • Mohammad Sho’im Purnomo Sumardi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Arje Cerullo Djamen Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2256

Keywords:

Mobile Learning, MDLC, Jaringan Komputer

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi mobile learning perancangan & implementasi jaringan komputer yang akan dipakai untuk proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan  Multimedia Development Life Cycle versi Luther-Sutopo yang memiliki enam tahapan, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Pengujian aplikasi ini menggunakan pengujian Black Box untuk developer test. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Adobe Animate CC 2019 dan pengodean menggunakan Actions Script 3.0. Setelah melakukan uji coba yang dilakukan oleh pembuat dan ahli materi maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa mobile learning perancangan & implementasi jaringan komputer ini telah layak untuk digunakan pada proses pembelajaran dan telah sesuai dengan konsep perancangan produk, dan dari hasil pengujian yang telah dilakukan aplikasi ini telah berjalan dengan baik berdasarkan tujuan pengembangan dan tidak terdapat kesalahan yang terjadi saat pengoperasian aplikasi.

References

Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran, ed. 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 36.

Asnawir, B. U., & Usman, M. B. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Binanto, I. (2010). Multimedia digital-dasar teori dan pengembangannya. Penerbit Andi.

Darmawan, D. (2016). Mobile learning sebuah aplikasi teknologi pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Graham, C. R. (2006). Blended learning systems. The handbook of blended learning: Global perspectives, local designs, 1, 3–21.

Hamalik, O. (1989). Media pembelajaran. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). Pengujian aplikasi menggunakan black box testing boundary value analysis (studi kasus: Aplikasi prediksi kelulusan smnptn). Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 1(3).

Purnomo, E. A., Dalyono, B., & Handayani, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATAKULIAH STATISTIKA PENDIDIKAN. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 117. https://doi.org/10.26714/jkpm.5.2.2018.117-120

Radion, K., & St, S. (2012). Easy Game Programming Using Flash and ActionScript 3.0. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924

Wagner, R. (2009). Adobe AIR For Dummies. For Dummies.

Wonggo, M. A., Waworuntu, J., & Komansilan, T. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN ANIMASI 2D BERBASIS MOBILE UNTUK SISWA SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1, 15.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Sumardi, M. S. P., Liando, O. E. S., & Djamen, A. C. (2021). PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MATA KULIAH PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI JARINGAN KOMPUTER. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(4), 388-401. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2256