PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MATA KULIAH PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI JARINGAN KOMPUTER
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2256Keywords:
Mobile Learning, MDLC, Jaringan KomputerAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi mobile learning perancangan amp; implementasi jaringan komputer yang akan dipakai untuk proses belajar mengajar Penelitian ini menggunakan metode pengembangan nbsp; Multimedia Development Life Cycle versi Luther Sutopo yang memiliki enam tahapan yaitu Concept Design Material Collecting Assembly Testing dan Distribution Pengujian aplikasi ini menggunakan pengujian Black Box untuk developer test Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Adobe Animate CC 2019 dan pengodean menggunakan Actions Script 3 0 Setelah melakukan uji coba yang dilakukan oleh pembuat dan ahli materi maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa mobile learning perancangan amp; implementasi jaringan komputer ini telah layak untuk digunakan pada proses pembelajaran dan telah sesuai dengan konsep perancangan produk dan dari hasil pengujian yang telah dilakukan aplikasi ini telah berjalan dengan baik berdasarkan tujuan pengembangan dan tidak terdapat kesalahan yang terjadi saat pengoperasian aplikasi < em>< p>
References
Arsyad A 2002 Media pembelajaran ed 1 Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 36
Asnawir B U Usman M B 2002 Media pembelajaran Jakarta: Ciputat Pers
Binanto I 2010 Multimedia digital dasar teori dan pengembangannya Penerbit Andi
Darmawan D 2016 Mobile learning sebuah aplikasi teknologi pembelajaran Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Graham C R 2006 Blended learning systems The handbook of blended learning: Global perspectives local designs 1 3 21
Hamalik O 1989 Media pembelajaran Bandung: Citra Aditya Bakti
Kurniawati I D Nita S 2018 MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology 1 2 68 https: doi org 10 25273 doubleclick v1i2 1540
Mustaqbal M S Firdaus R F Rahmadi H 2015 Pengujian aplikasi menggunakan black box testing boundary value analysis studi kasus: Aplikasi prediksi kelulusan smnptn Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan 1 3
Purnomo E A Dalyono B Handayani S 2018 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATAKULIAH STATISTIKA PENDIDIKAN Jurnal Karya Pendidikan Matematika 5 2 117 https: doi org 10 26714 jkpm 5 2 2018 117 120
Radion K St S 2012 Easy Game Programming Using Flash and ActionScript 3 0 Penerbit ANDI Yogyakarta
Ramdani A Jufri A W Jamaluddin J 2020 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan Pengajaran dan Pembelajaran 6 3 433 https: doi org 10 33394 jk v6i3 2924
Wagner R 2009 Adobe AIR For Dummies For Dummies
Wonggo M A Waworuntu J Komansilan T 2021 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN ANIMASI 2D BERBASIS MOBILE UNTUK SISWA SMK Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 15
