PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA SMK

Authors

  • Albrian Pelealu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Trudi Komansilan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Agustinus Takaredase Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2790

Keywords:

Media Pembelajaran, Simulasi, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada pembelajaran komputer dan jaringan dasar pada kelas yang diajar dengan media pembelajaran simulasi dan kelas yang diajar dengan pembelajaran konvensional di SMK Negeri 1 Maesaan Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design Populasi adalah semua siswa kelas X TKJ yang berjumlah 45 siswa dan teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling Sampel yang diambil berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 2 kelas masing masing kelas terdiri dari 20 siswa Data di ambil dan dikumpulkan dari tes akhir sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan media simulasi dan konvensional Berdasarkan uji normalitas data menggunakan metode lilliefors ternyata kedua kelas berdistribusi normal Berdasarkan uji homogenitas data dengan menggunakan uji F ternyarta Fhitung lebih kecil dari Ftabel Dimana harga Fhitung = 1 73 dan Ftabel = 2 15 Jadi varians dari kedua kelas dianggap sama atau kedua kelas tersebut homogen Kemudian pengujian hipotesis dengan menggunakan statistic uji t diperoleh hasil perhitungan adalah thitung = 10 32 gt; ttabel = 2 02 dengan demikian H0 ditolak pada taraf nyata 0 05 dan menerima Ha Hal ini artinya ada perbedaan yang signifikan yaitu hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran simulasi lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional < em>< p>

References

Arsyad A 2013 Media pembelajaran; Edisi revisi

Asyhar R 2021 Kreatif mengembangkan media pembelajaran

Dimyati M 2013 Belajar pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah S B Zain A 2006 Strategi belajar mengajar Jakarta: Rineka Cipta 46

Giyantoro R 2018 APLIKASI SIMULASI PERHITUNGAN BALIK MODAL USAHA DENGAN PENDEKATAN ANALISIS ROI RETURN ON INVESMENT Doctoral dissertation Universitas Siliwangi

Jihad A Haris A 2012 Evaluasi Pembelajaran Cetakan I Yogyakarta Multi Pressindo

Raturandang S Rompas P T D Palilingan V R 2021 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 228 237

Rivai A Sudjana N 2004 Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algensindo

Rusman 2012 Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sadiman A 2008 Media Pendidikan Jakarta: PT Grafindo Persada

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 39 45

Sudjana N 2005 Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar Bandung Sinar Baru

Sugiyono 2010 Metode Penelitian Administratif Bandung: Alfabeta

Sugiyono 2015 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Suprijono 2013 Cooperative Learning Surabaya: Pusataka Belajar

Syaefudin 2005 Penerapan Simulasi Animasi Bina Sarana Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wibawa B Mukti F 2001 Media pengajaran Bandung: CV Maulana

Widiayanto 2013 Statistika Terapan Konsep dan Aplikasi Dalam Penelitian Bidang Pendidikan Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA SMK. (2021). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(5), 452 459. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2790