PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2790Keywords:
Media Pembelajaran, Simulasi, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada pembelajaran komputer dan jaringan dasar pada kelas yang diajar dengan media pembelajaran simulasi dan kelas yang diajar dengan pembelajaran konvensional di SMK Negeri 1 Maesaan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Populasi adalah semua siswa kelas X TKJ yang berjumlah 45 siswa dan teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling, Sampel yang diambil berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 2 kelas, masing – masing kelas terdiri dari 20 siswa. Data di ambil dan dikumpulkan dari tes akhir sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan media simulasi dan konvensional. Berdasarkan uji normalitas data menggunakan metode lilliefors, ternyata kedua kelas berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas data dengan menggunakan uji – F, ternyarta Fhitung lebih kecil dari Ftabel. Dimana harga Fhitung = 1,73 dan Ftabel = 2,15. Jadi varians dari kedua kelas dianggap sama atau kedua kelas tersebut homogen. Kemudian pengujian hipotesis dengan menggunakan statistic uji-t, diperoleh hasil perhitungan adalah thitung = 10,32 > ttabel = 2,02 dengan demikian H0 ditolak pada taraf nyata 0,05 dan menerima Ha. Hal ini artinya ada perbedaan yang signifikan yaitu hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran simulasi lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional.
References
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran; Edisi revisi.
Asyhar, R. (2021). Kreatif mengembangkan media pembelajaran.
Dimyati, M. (2013). Belajar & pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46.
Giyantoro, R. (2018). APLIKASI SIMULASI PERHITUNGAN BALIK MODAL USAHA DENGAN PENDEKATAN ANALISIS ROI (RETURN ON INVESMENT) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran Cetakan I. Yogyakarta. Multi Pressindo.
Raturandang, S., Rompas, P. T. D., & Palilingan, V. R. (2021). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 228-237.
Rivai, A., & Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadiman, A. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 39-45.
Sudjana, N. (2005). Dasar–Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung. Sinar Baru.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono. (2013). Cooperative Learning. Surabaya: Pusataka Belajar.
Syaefudin. (2005). Penerapan Simulasi Animasi. Bina Sarana Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wibawa, B., & Mukti, F. (2001). Media pengajaran. Bandung: CV Maulana.
Widiayanto. (2013). Statistika Terapan, Konsep dan Aplikasi Dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya Jakarta: PT Elex Media Komputindo.