PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MOBILE BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Alfrits Victory Supit Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Trudi Komansilan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Indra Rianto Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2832

Keywords:

Mobile Learning, MDLC, Media Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi media pembelajaran IPA berbasis mobile di SD GMIM II remboken yang akan dipakai untuk proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan  Multimedia Development Life Cycle versi Luther-Sutopo yang memiliki enam tahapan, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Pengujian aplikasi ini menggunakan pengujian Black Box untuk developer test. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Adobe Animate CC 2019 dan pengodean menggunakan Actions Script 3.0. Setelah melakukan uji coba yang dilakukan oleh pembuat dan ahli materi maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa pengembangan media pembelajaran ipa berbasis mobile di SD GMIM II remboken ini telah layak untuk digunakan pada proses pembelajaran dan telah sesuai dengan konsep perancangan produk, dan dari hasil pengujian yang telah dilakukan aplikasi ini telah berjalan dengan baik berdasarkan tujuan pengembangan dan tidak terdapat kesalahan yang terjadi saat pengoperasian aplikasi.

References

Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 36.

Asnawir, B. U., & Usman, M. B. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Binanto, I. (2010). Multimedia digital-dasar teori dan pengembangannya. Penerbit Andi.

Darmawan, D. (2016). Mobile learning sebuah aplikasi teknologi pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Graham, C. R. (2006). Blended learning systems. The handbook of blended learning: Global perspectives, local designs, 1, 3-21.

Hamalik, O. (1989). Media pembelajaran. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). Pengujian aplikasi menggunakan black box testing boundary value analysis (studi kasus: Aplikasi prediksi kelulusan smnptn). Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 1(3).

Pratasik, S. (2019). Perancangan Sistem Business Intelligence Pada Palang Merah Indonesia Daerah Sulawesi Utara. FRONTIERS: JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 2(2).

Purnomo, E. A., Dalyono, B., & Handayani, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Matakuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 117-120.

Radion, K., & St, S. (2012). Easy Game Programming Using Flash and ActionScript 3.0. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Setyaningsih, Y. (2021). Pengertian Adobe Animate CC, Sejarah, Versi, Kelebihan, Fitur Utama.

Setiyaningsih, Y. (2021). Pengertian Adobe Photoshop Adalah : Sejarah, Fungsi, Manfaat, Fitur, dst. Diambil 27 April 2021, dari https://dianisa.com/pengertian-adobe-photoshop/

Sudjino, & Waldjinah (2009). Pembelajaran IPA Terpadu untuk Kelas VII SMP/MTS. Jakarta: PT. Intan Pariwara

Wagner, R. (2009). Adobe AIR For Dummies. For Dummies

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Supit, A. V., Komansilan, T., & Rianto, I. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MOBILE BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(5), 500-512. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2832