PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2926Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Penelitian EksperimenAbstract
Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat metode pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar simulasi dan komunikasi digital Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1 Tahuna yang berjumlah 50 siswa terdiri dari laki laki berjumlah 30 orang dan perempuan berjumlah 20 orang Metode penilitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Pretest Posttest Control Group Design dalam desain ini memiliki dua kelompok yang pilih secara acak random kemudian diberi pre test untuk mengetahui perbedaan keadaan awal antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol Dilihat dari hasil nilai rata rata posttest kelas eksperimen adalah 82 12 sedangkan kelas kontrol adalah 61 96 terjadi peningkatan hasil belajar Hasil penilitian dikelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menunjukan hasil belajar dalam kategori tinggi dibandingkan pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional Dengan demikian penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK N 1 Tahuna < em>< p>
References
Arends R I 2012 Learning to Teach ninth edition NewYork : McGraw Hill
Bern dan Erickson 2001 Pemebelajaran Kontekstual Bandung: PT Refika Aditama
Fitriani K 2014 Pengaruh motivasi prestasi belajar status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas xii akuntansi SMK Negeri 1 Kendal Economic Education Analysis Journal 3 1
Hamalik O 2006 Media pendidikan Bandung: Citra aditya bakti
Komalasari A 2013 Employing experiential learning to teach writing for English as a foreign language learners through a reflection project In International Conference on Education and Language ICEL Vol 1
Nasution A K Siagian Z A Husein R Dirgeyasa I W Elizabeth R 2006 PENGARUH METODE ANALISIS KESALAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR WRITING III MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS FBS UNIMED
Purwanto 2009 Evaluasi Hasil Belajar Celeban Timur UH III Yogyakarta 55167: Pustaka Belajar
Riduwan M B A 2012 Belajar Mudah Penelitian Bandung: CV Alfabeta : Informatika
Riyanto B 2010 Dasar Dasar Pembelanjaan Perusahaan ed 4 BPFE YOGYAKARTA
Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 39 45
Sudjana 2002 Metoda Statistika Bandung: Tarsito
Sugiyono M P P Kuantitatif P 2009 Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta Cet Vii
Suprijono A 2013 Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM Pertama Yogyakarta: Pustaka
Wardani S Widodo A T Priyani N E 2009 Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan keterampilan proses sains berorientasi problem based instruction Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 3 1
