PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK

Authors

  • Eko Leonard Sujatno Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Agustinus Takaredase Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2926

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Penelitian Eksperimen

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat metode pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar simulasi dan komunikasi digital Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1 Tahuna yang berjumlah 50 siswa terdiri dari laki laki berjumlah 30 orang dan perempuan berjumlah 20 orang Metode penilitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Pretest Posttest Control Group Design dalam desain ini memiliki dua kelompok yang pilih secara acak random kemudian diberi pre test untuk mengetahui perbedaan keadaan awal antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol Dilihat dari hasil nilai rata rata posttest kelas eksperimen adalah 82 12 sedangkan kelas kontrol adalah 61 96 terjadi peningkatan hasil belajar Hasil penilitian dikelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menunjukan hasil belajar dalam kategori tinggi dibandingkan pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional Dengan demikian penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK N 1 Tahuna < em>< p>

References

Arends R I 2012 Learning to Teach ninth edition NewYork : McGraw Hill

Bern dan Erickson 2001 Pemebelajaran Kontekstual Bandung: PT Refika Aditama

Fitriani K 2014 Pengaruh motivasi prestasi belajar status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas xii akuntansi SMK Negeri 1 Kendal Economic Education Analysis Journal 3 1

Hamalik O 2006 Media pendidikan Bandung: Citra aditya bakti

Komalasari A 2013 Employing experiential learning to teach writing for English as a foreign language learners through a reflection project In International Conference on Education and Language ICEL Vol 1

Nasution A K Siagian Z A Husein R Dirgeyasa I W Elizabeth R 2006 PENGARUH METODE ANALISIS KESALAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR WRITING III MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS FBS UNIMED

Purwanto 2009 Evaluasi Hasil Belajar Celeban Timur UH III Yogyakarta 55167: Pustaka Belajar

Riduwan M B A 2012 Belajar Mudah Penelitian Bandung: CV Alfabeta : Informatika

Riyanto B 2010 Dasar Dasar Pembelanjaan Perusahaan ed 4 BPFE YOGYAKARTA

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 39 45

Sudjana 2002 Metoda Statistika Bandung: Tarsito

Sugiyono M P P Kuantitatif P 2009 Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta Cet Vii

Suprijono A 2013 Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM Pertama Yogyakarta: Pustaka

Wardani S Widodo A T Priyani N E 2009 Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan keterampilan proses sains berorientasi problem based instruction Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 3 1

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK. (2021). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(5), 567 580. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2926