PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK

Authors

  • Eko Leonard Sujatno Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Agustinus Takaredase Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2926

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Penelitian Eksperimen

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat metode pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar simulasi dan komunikasi digital. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1 Tahuna yang berjumlah 50 siswa, terdiri dari laki-laki berjumlah 30 orang dan perempuan berjumlah 20 orang. Metode penilitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen “Pretest Posttest Control-Group Design” dalam desain ini memiliki dua kelompok yang pilih secara acak/random, kemudian diberi pre-test untuk mengetahui perbedaan keadaan awal antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dilihat dari hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 82,12 sedangkan kelas kontrol adalah 61,96 terjadi peningkatan hasil belajar. Hasil penilitian dikelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menunjukan hasil belajar dalam kategori tinggi, dibandingkan pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Dengan demikian penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK N 1 Tahuna.

References

Arends, R I. (2012). Learning to Teach ninth edition. NewYork : McGraw-Hill.

Bern dan Erickson. (2001). Pemebelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama

Fitriani, K. (2014). Pengaruh motivasi, prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas xii akuntansi SMK Negeri 1 Kendal. Economic Education Analysis Journal, 3(1).

Hamalik, O. (2006). Media pendidikan. Bandung: Citra aditya bakti.

Komalasari, A. (2013). Employing experiential learning to teach writing for English as a foreign language learners through a reflection project. In International Conference on Education and Language (ICEL) (Vol. 1).

Nasution, A. K., Siagian, Z. A., Husein, R., Dirgeyasa, I. W., & Elizabeth, R. (2006). PENGARUH METODE ANALISIS KESALAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR WRITING III MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS FBS UNIMED.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Celeban Timur UH III Yogyakarta 55167: Pustaka Belajar.

Riduwan, M. B. A. (2012). Belajar Mudah Penelitian, Bandung: CV. Alfabeta.: Informatika.

Riyanto, B. (2010). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, ed. 4, BPFE-YOGYAKARTA.

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 39-45.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. Vii.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM (Pertama). Yogyakarta: Pustaka.

Wardani, S., Widodo, A. T., & Priyani, N. E. (2009). Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan keterampilan proses sains berorientasi problem-based instruction. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1).

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Sujatno, E. L., Mewengkang, A., & Takaredase, A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(5), 567-580. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2926