E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Alfrina Mewengkang Universitas Negeri Manado
  • Harol Reflie Lumapow Universitas Negeri Manado
  • Jeffry Lengkong Universitas Negeri Manado
  • Viktory Rotty Universitas Negeri Manado
  • Ignatius Javier Couturier Tuerah Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.3142

Keywords:

Android, modul pembelajaran, Dasar Desain Grafis, MDLC

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi modul pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis pada kelas X Jurusan Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan sebagai suplemen tambahan guna memudahkan guru dan siswa belajar tentang materi Dasar Desain Grafis. Metode yang digunakan yaitu Multimedia Development Life Cyle yang memilliki enam tahap pengembangan, yaitu Concept. Design. Material Collecting. Assembly. Testing. dan yang terakhir Distribution. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode Black Box Testing untuk Developer Test dan End User Test. Aplikasi ini menggunakan dasar pemrograman Action Script 3.0 pada Adobe Flash dengan sitem operasi Android.

References

Khairuddin, K. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Ditengah Pandemi Covid-19. Edukasi, 8(2), 171-183.

Muttaqin, H. P. S., & Suarni, N. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1-15.

Susilo, M. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Wheel Alignment Di Smk Negeri 2 Surakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Sari, D. R. (2020). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Tata Surya Pada Tema Menjelajah Angkasa Luar Subtema Benda Angkasa Luar Di Kelas Vi Sekolah Dasar (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Widiana, K. A., Arsa, I. P. S., & Adiarta, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Microsoft Word Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(1), 40-47

Wulandari, I. G. A. A. M., Sudatha, I. G. W., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II Di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1-15.

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, Pp. 1-17).

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

Mewengkang, A., Lumapow, H. R., Lengkong, J., Rotty, V., & Tuerah, I. J. C. (2021). E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(5), 591-596. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.3142