PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMUNIKASI DATA SISWA SMK

Authors

  • Kevin Fransisco Karangan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Kembuan Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3219

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Posing, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 5 Manado pada mata pelajaran Komunikasi Data, setiap siklus dilakukan berapa tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain dua siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Instrument penelitian ini menggunakan ujian/tes praktek berdasarkan materi pembelajaran Komunikasi Data Sampel terdiri dari kelas XI TKJ sebanyak 13 siswa. Proses penelitian ini berlangsung dengan 2 siklus dan 8 tatap muka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentasi ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebanyak .60,38%. Setelah dilakukan siklus 2, persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 86,53%. Karena hasil belajar meningkat pada siklus 2 maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan media pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar Komunikasi Data siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 5 Manado.

References

Akay, R. K., Pardanus, R. H. W., & Manggopa, H. K. (2021). HUBUNGAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR KKPI SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 97-110.

Arikunto, S. (2006). Classroom action research. Jakarta

Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, T. (2005). Belajar secara efektif. Niaga Swadaya.

Kusumah, W & Dwitagana, D. (2010). Model penelitian tindakan kelas. Jakarta.

Maharani, I. N. (2012). Penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Tanjungrejo 1 Malang.

Pangkerego, K. A. J., Sojow, L., & Manggopa, H. K. (2021). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tomohon. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 55-68.

Pratasik, S. (2021). ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING. Penerbit Lakeisha.

Slameto, (1990). Sistem Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester (SKS). JAKARTA: Bumi Aksara

Sudjana, N. (2002). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar.

Susanto, A. M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta

Winkel, W. S. (1993). Psikologi dan Evaluasi belajar. Jakarta, Gramedia.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Karangan, K. F., Kembuan, O., & Togas, P. V. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMUNIKASI DATA SISWA SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(6), 641-645. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3219