PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMUNIKASI DATA SISWA SMK

Authors

  • Kevin Fransisco Karangan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Kembuan Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3219

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Posing, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 5 Manado pada mata pelajaran Komunikasi Data setiap siklus dilakukan berapa tahap yaitu: tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain dua siklus dari Kemmis dan Mc Taggart Instrument penelitian ini menggunakan ujian tes praktek berdasarkan materi pembelajaran Komunikasi Data Sampel terdiri dari kelas XI TKJ sebanyak 13 siswa Proses penelitian ini berlangsung dengan 2 siklus dan 8 tatap muka Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentasi ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebanyak 60 38 Setelah dilakukan siklus 2 persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 86 53 Karena hasil belajar meningkat pada siklus 2 maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan media pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar Komunikasi Data siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 5 Manado < em>< p>

References

Akay R K Pardanus R H W Manggopa H K 2021 HUBUNGAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR KKPI SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 97 110

Arikunto S 2006 Classroom action research Jakarta

Dimyati M 2006 Belajar dan pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta

Hakim T 2005 Belajar secara efektif Niaga Swadaya

Kusumah W Dwitagana D 2010 Model penelitian tindakan kelas Jakarta

Maharani I N 2012 Penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Tanjungrejo 1 Malang

Pangkerego K A J Sojow L Manggopa H K 2021 Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tomohon EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 55 68

Pratasik S 2021 ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING Penerbit Lakeisha

Slameto 1990 Sistem Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester SKS JAKARTA: Bumi Aksara

Sudjana N 2002 Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar

Susanto A M P 2016 Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar Kencana

Trianto 2011 Mendesain model pembelajaran inovatif progresif Jakarta

Winkel W S 1993 Psikologi dan Evaluasi belajar Jakarta Gramedia

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMUNIKASI DATA SISWA SMK. (2021). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(6), 641 645. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3219