PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMUNIKASI DATA SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3219Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Posing, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 5 Manado pada mata pelajaran Komunikasi Data setiap siklus dilakukan berapa tahap yaitu: tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain dua siklus dari Kemmis dan Mc Taggart Instrument penelitian ini menggunakan ujian tes praktek berdasarkan materi pembelajaran Komunikasi Data Sampel terdiri dari kelas XI TKJ sebanyak 13 siswa Proses penelitian ini berlangsung dengan 2 siklus dan 8 tatap muka Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentasi ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebanyak 60 38 Setelah dilakukan siklus 2 persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 86 53 Karena hasil belajar meningkat pada siklus 2 maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan media pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar Komunikasi Data siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 5 Manado < em>< p>
References
Akay R K Pardanus R H W Manggopa H K 2021 HUBUNGAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR KKPI SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 97 110
Arikunto S 2006 Classroom action research Jakarta
Dimyati M 2006 Belajar dan pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta
Hakim T 2005 Belajar secara efektif Niaga Swadaya
Kusumah W Dwitagana D 2010 Model penelitian tindakan kelas Jakarta
Maharani I N 2012 Penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Tanjungrejo 1 Malang
Pangkerego K A J Sojow L Manggopa H K 2021 Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tomohon EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 55 68
Pratasik S 2021 ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING Penerbit Lakeisha
Slameto 1990 Sistem Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester SKS JAKARTA: Bumi Aksara
Sudjana N 2002 Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar
Susanto A M P 2016 Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar Kencana
Trianto 2011 Mendesain model pembelajaran inovatif progresif Jakarta
Winkel W S 1993 Psikologi dan Evaluasi belajar Jakarta Gramedia
