PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA SMK

Authors

  • Brayen Peters Kaawoan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Marthinus Maxi Mintjelungan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3251

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada pembelajaran komputer dan jaringan dasar pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMK Yadika Langowan. Metode dan Rancangan penelitian ini adalah Metode Penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperimental Research).  Dengan desain penelitian yang digunakan berbentuk nonequivalent control group design. Populasi adalah semua siswa kelas X TKJ yang berjumalah 40 siswa dan teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling, sampel yang diambil berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 2 kelas, masing-masing kelas terdiri dari 20 siswa. Data di ambil dan dikumpulkan dari tes akhir sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran dan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji normalitas data menggunakan Chi Kuadrad, ternyata kedua kelas berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas data dengan menggunakan uji F, ternyata diperoleh Fhitung lebih kecil dari Ftabel. Dimana harga Fhitung = 1,043 dan Ftabel = 2,19. Jadi varians (ragam) dari kedua kelas dapat dianggap sama atau kedua kelas tersebut homogen. Kemudian pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji t, diperoleh hasil perhitungan adalah: thitung = 2,3356 > ttabel = 2,024 dengan demikian H0 ditolak pada taraf nyata 0,05 dan menerima Ha. Hal ini artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan bantuan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

References

Abbudin, (2011). Pengertian Problem Based Learning. Jakarta

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran Bandung: Alfabeta

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Kambey, W. M., Santa, K., & Togas, P. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 281-294.

Mamuaya, G. S. R., Sumual, H., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 200-213.

Ngalimun. (2013). Pengertian model pembelajaran berbasis masalah. Bandung.

Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu (Teori, Praktik, Penilaian). Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, N. (2000). Hasil Belajar. Bandung: Remaa

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Supriatna, D. (2009). Pengenalan Media Pembelajaran.

Waworuntu, J. (2013). Buku Ajar Statistik PTIK. LP2AI UNIMA press

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Kaawoan, B. P., Mintjelungan, M. M., & Rompas, P. T. D. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(6), 659-664. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3251