PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3251Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada pembelajaran komputer dan jaringan dasar pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMK Yadika Langowan Metode dan Rancangan penelitian ini adalah Metode Penelitian Eksperimen Semu Quasi Eksperimental Research nbsp; Dengan desain penelitian yang digunakan berbentuk nonequivalent control group design Populasi adalah semua siswa kelas X TKJ yang berjumalah 40 siswa dan teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling sampel yang diambil berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 2 kelas masing masing kelas terdiri dari 20 siswa Data di ambil dan dikumpulkan dari tes akhir sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran dan model pembelajaran konvensional Berdasarkan uji normalitas data menggunakan Chi Kuadrad ternyata kedua kelas berdistribusi normal Berdasarkan uji homogenitas data dengan menggunakan uji F ternyata diperoleh Fhitung< sub> lebih kecil dari Ftabel < sub>Dimana harga Fhitung < sub>= 1 043 dan Ftabel < sub>= 2 19 Jadi varians ragam dari kedua kelas dapat dianggap sama atau kedua kelas tersebut homogen Kemudian pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji t diperoleh hasil perhitungan adalah: thitung< sub> = 2 3356 gt; ttabel< sub> = 2 024 dengan demikian H0< sub> ditolak pada taraf nyata 0 05 dan menerima Ha < sub> Hal ini artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan bantuan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional < em>< p>
References
Abbudin 2011 Pengertian Problem Based Learning Jakarta
Aunurrahman 2014 Belajar dan Pembelajaran Bandung: Alfabeta
Dimyati Mudjiono 2006 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta
Kambey W M Santa K Togas P V 2021 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 281 294
Mamuaya G S R Sumual H Togas P V 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 200 213
Ngalimun 2013 Pengertian model pembelajaran berbasis masalah Bandung
Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha
Rusman 2015 Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik Penilaian Jakarta: Rajawali Pers
Sudjana N 2000 Hasil Belajar Bandung: Remaa
Sugiyono 2007 Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta
Supriatna D 2009 Pengenalan Media Pembelajaran
Waworuntu J 2013 Buku Ajar Statistik PTIK LP2AI UNIMA press
