PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3252Keywords:
Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar Siswa, Penelitian KuantitatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa SMK Negeri 1 Tondano Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi selanjutnya data diolah dengan menggunakan SPSS versi 25 Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Tondano sebanyak 231 orang Sampel dalam penelitian ini adalah 70 orang didapat dengan menggunakan rumus Slovin Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh positif pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa Besar sumbangan pembelajaran daring terhadap prestasi sebesar 74 1 dan sisanya 25 9 dipengaruhi oleh variabel variabel lain Hasil uji t ditemukan bahwa < em> nbsp; gt; < em> nbsp; 13 942 gt; 1 295 maka Ho ditolak sehingga kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap pretasi belajar < em>< p>
References
Alvianto A 2020 Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Dalam Situasi Pandemi Covid 19 TA DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3 2 13 26
Arikunto S 2002 Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta
Dewi E U 2020 Pengaruh kecemasan saat pembelajaran daring masa pandemi covid 19 terhadap prestasi belajar mahasiswa Stikes William Surabaya Jurnal Keperawatan 9 1 18 23
Indahini R S Sulton S Husna A 2018 Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 1 2 141 148
Kompri 2017 Belajar Dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya Yogyakarta: Media Akademi
Rigianti H A 2020 Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke SD an 7 2
Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96
Setyawan I D A 2014 Modul Statistika: Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian
Sugiyono 2004 Metode Penelitian Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2008 Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2011 Metode Penelitian Administrasi Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2013 Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R D
Surur M Hidayati H Renyaan V 2016 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 3 2
Syafari Y Montessori M 2021 Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid 19 Jurnal Basicedu 5 3 1294 1303
Wibowo A Febrianto R A 2020 Pengaruh penggunaan teknologi informasi dan media sosial terhadap prestasi belajar mahasiswa STMIK Sinar Nusantara Jurnal TIKOMSIN Teknologi Informasi dan Komunikasi Sinar Nusantara 8 1
