PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3252Keywords:
Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar Siswa, Penelitian KuantitatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa SMK Negeri 1 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. selanjutnya data diolah dengan menggunakan SPSS versi 25. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Tondano sebanyak 231 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 orang, didapat dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh positif pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa. Besar sumbangan pembelajaran daring terhadap prestasi sebesar 74,1% dan sisanya 25,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Hasil uji t ditemukan bahwa > (13,942 > 1,295) maka Ho ditolak sehingga kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap pretasi belajar.
References
Alvianto, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Dalam Situasi Pandemi Covid-19. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 13-26.
Arikunto, S. (2002). Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, E. U. (2020). Pengaruh kecemasan saat pembelajaran daring masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan, 9(1), 18-23.
Indahini, R. S., Sulton, S., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141-148.
Kompri. (2017). Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).
Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.
Setyawan, I. D. A. (2014). Modul Statistika: Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian.
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D
Surur, M., Hidayati, H., & Renyaan, V. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2).
Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294-1303.
Wibowo, A., & Febrianto, R. A. (2020). Pengaruh penggunaan teknologi informasi dan media sosial terhadap prestasi belajar mahasiswa STMIK Sinar Nusantara. Jurnal TIKOMSIN (Teknologi Informasi dan Komunikasi Sinar Nusantara), 8(1).