PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MOBILE ANATOMI TUBUH MANUSIA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Johan Reimon Batmetan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Harke Mosey Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3293

Keywords:

Aplikasi Pembelajaran, Aplikasi Mobile, Multimedia Development Life Cycle

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk yaitu aplikasi pembelajaran mobile untuk anak sekolah dasar agar dapat membantu dan memudahkan guru dalam memberikan materi pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa. berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat diambil kesimpulan bahwa telah dilakukan pembuatan aplikasi pembelajaran mobile Anatomi Tubuh Manusia untuk Anak Sekolah Dasar dengan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Metode MDLC terdiri dari 6 tahapan yaitu pertama Konsep tahap menentukan tujuan pembuatan media pembelajaran serta menentukan siapa penggunannya. Kedua Perancangan tahap menggambar rangkaian (rancangan UI). Ketiga Pengumpulan Bahan, pengumpulan kebutuhan atau bahan yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi. Keempat Pembuatan tahap pembuatan keseluruhan bahan multimedia. Kelima Pengujian tahap dimana menjalankan media pembelajaran dan melihat apakah ada kesalahan atau tidak. Keenam Distribusi tahap dimana media pembelajaran bisa digunakan dan didistribusikan ke sekolah. setelah dikembangkan Aplikasi pembelajaran ini dapat digunakan sebagai bahan ajar yang lebih informatif bagi guru dan dapat membantu siswa dalam belajar.

References

Chamidiyah, C. (2015). Pembelajaran melalui Brain Based Learning Dalam PenDiDikan anak usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2).

Hamid, K., Masruhim, M. A., & Hudiyono, Y. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SEL SISWA KELAS XI SMA. EDUKASI, 18(1).

Husamah, H. (2014). Pembelajaran bauran (Blended learning). Research Report.

Hingide, M. N., Mewengkang, A., & Munaiseche, C. P. C. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PLATFORM ANDROID PADA MATA PELAJARAN PPKN SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 557-566.

Makapedua, C. S., Wonggo, D., & Komansilan, T. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK USIA DINI. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 364-377.

Pondaag, R. A., Pardanus, R. H. W., & Togas, P. V. (2021). PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KKPI SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 284-296.

Rachmawati, T. (2015). Teori belajar dan proses pembelajaran yang mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Saputra, S. (2020). PENGEMBANGAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BIOTEKNOLOGI TERINTEGRASI DENGAN KEBUDAYAAN LOKAL DI SMA/MA.

Sumardi, M. S. P, Liando, O. E. S., & Djamen, A. C. (2021). PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MATA KULIAH PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI JARINGAN KOMPUTER. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 388-401.

Susanti, A. I. (2021). Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penerbit NEM.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Tangkowit, A. E., Palilingan, V. R., & Liando, O. E. S. (2021). ANALISIS DAN PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 67-79.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Mewengkang, A., Batmetan, J. R., & Mosey, H. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MOBILE ANATOMI TUBUH MANUSIA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(6), 675-687. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3293