PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI JARINGAN TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI PERANGKAT JARINGAN LOKAL SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3294Keywords:
Hasil Belajar, Simulasi Jaringan, Instalasi Perangkat Jaringan LokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aplikasi simulasi jaringan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi perangkat jaringan lokal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen di kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Kotamobagu. Metode dalam penelitian ini yaitu Pretest-Posttest Kelas Eksperimen. Jumlah responden dalam penelitian ini 27 siswa yang dipilih menggunakan teknik total sampling. hasil dari pengamatan data menggunakan uji statistik Normalitas data Test dengan taraf kepercayaan (α=0,05) di dapatkan Nilai probabilitasnya = thitung= 9.233 dan dari tabel uji t, dengan n= 27 dan df=0,05 di dapat ttabel=2.056 jadi thitung= 9.233 > ttabel=2.056. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media simulasi jaringan dengan aplikasi cisco packet tracer berpengaruh terhadap hasil belajar instalasi perangkat jaringan lokal siswa TKJ SMK Muhammadiyah Kotamobagu.
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Badjin, Y., Palilingan, V. R., & Rompas, P. T. D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 267-280.
Depdiknas. (2006). Bunga Rampai Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Dpdiknas.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya.
Kustandi, C & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi kudea. Ghalia Indonesia. Bogor.
Kusumah, W. (2007). Media Pembelajaran.
Mananggel, A. V., Mewengkang, A., & Djamen, A. C. (2021). PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER DI SMK MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 119-131.
Nugraha, E. (2010). Simulasi Jaringan Menggunakan Cisco Packet Tracer.
Politon, V. C. H., Manoppo, C. T. M., & Waworuntu, J. (2021). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL PADA SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 542-556.
Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.
Riadi, M. (2013) Pengertian Jaringan Komputer.
Saroinsong, K. H., Pardanus, R. H. W., & Sojow, L. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN GRAFIS PERCETAKAN DI SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 251-267.
Sudjana, N. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset.
Tangkowit, A. E., Palilingan, V. R., & Liando, O. E. S. (2021). ANALISIS DAN PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 67-79.
Taula, S. F. H., Palilingan, V. R., & Olii, D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SMA. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 54-70.
Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 268-275.
Wahidmurni, Mustikawan, A., & Ridho, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.
Winkel. (1991). Bimbingan dan Konseling di Instituti Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.