PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Kresnayana Pristie Supari Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Audy Aldrin Kenap Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3295

Keywords:

Media Pembelajaran, Bahasa Indonesia, MDLC

Abstract

Pembelajaran yang inovatif berbantuan media pembelajaran dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi serta memudahkan siswa dalam memahami mata pelajaran tersebut Maka media berfungsi untuk tujuan instruksi dimana informasi yang terdapat dalam media itu harus melibatkan siswa baik dalam benak atau mental maupun dalam bentuk aktivitas yang nyata sehingga pembelajaran dapat terjadi apabila dilihat dari situasi belajar dimana komputer digunakan untuk tujuan menyajikan isi pelajaran yang bisa berbentuk tutorial drills and practice simulasi dan permainan Dalam perancangan tersebut menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle MDLC Metodologi Pengembangan ini terdiri dari enam tahap yaitu Concept pengonsepan Design Pendesainan Obtaining Content Material Pengumpulan Materi Assembly Pembuatan Testing pengujian dan Distribution pendistribusian Metode pengujian menggunakan black box untuk developer test dan end user test < em>Dari hasil pengujian diperoleh bahwa media pembelajaran berbasis multimedia dapat digunakan sebagai bahan ajar yang menarik nbsp; dalam upaya mengefektifkan proses belajar bagi guru dan dapat membantu siswa dalam proses belajar < em>< p>

References

Arsyad A 2011 Media pembelajaran

Karundeng A Wonggo D Parinsi M T 2021 ANALISIS PEMBELAJARAN JARINGAN DASAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 41 53

Muhson A 2010 Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi Jurnal pendidikan akuntansi indonesia 8 2

Mustaqbal M S Firdaus R F Rahmadi H 2015 Pengujian aplikasi menggunakan black box testing boundary value analysis studi kasus: Aplikasi prediksi kelulusan smnptn Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan 1 3

Nurmadiah N 2016 Media Pendidikan Al Afkar: Jurnal Keislaman Peradaban 5 1

Ohy M Manoppo C T M Parinsi M T 2021 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK KELAS X TKJ SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 528 541

Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha

Sudarsana I K 2016 Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia Jurnal Penjaminan Mutu 1 1 1 14

Sujatno E L Mewengkang A Takaredase A 2021 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 567 580

Sumoked S N Sangkop F I Togas P V 2021 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 332 334

Surman M McDermott M 2017 We re Not Teaching the Web Correctly Meaningful Education in Times of Uncertainty 111

Susanti A I 2021 Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK Penerbit NEM

Syah J 2019 Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam: Penelitian pada lima SMA Negeri di Kabupaten dan Kota Sukabumi Doctoral dissertation UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Wati A A Zuhdi U 2015 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 8di Sdn Babatan I 456 Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya 3

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. (2021). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(6), 700 708. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3295