ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3298Keywords:
Keaktifan Belajar, Pembelajaran Daring, Covid-19Abstract
Saat ini sistem pendidikan di Indonesia sedang mengalami tantangan baru yang disebabkan karena adanya wabah virus corona (Covid-19), yang menyebabkan seluruh sistem pembelajaran dilembaga pendidikan dialihkan kepada metode pembelajaran daring (online). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran situasi dan kondisi keaktifan belajar siswa selama masa pandemi di SMKN I Lolak kelas X TKJ2. Keaktifan belajar siswa adalah kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif secara langung selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi dan kondisi keaktian belajar siswa selama masa pandemi di SMKN I Lolak kelas X TKJ2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN I Lolak kelas X TKJ2. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu:1) proses pembelajaran selama masa pandemi di SMKN I Lolak kelas X TKJ2 menggunakan pembelajaran secara daring; 2) keaktifan belajar siswa selama masa pandemi cukup efektif, walaupun ada beberapa kendala selama proses pembelajaran berlangsung seperti, kurangnya alat peraga dan akses internet yang kurang mendukung.
References
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Badjin, Y., Palilingan, V. R., & Rompas, P. T. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 267-280.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Kambey, W. M., Santa, K., & Togas, P. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 281-294.
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19-33.
Kurniati, E. (2009). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Strategi Pembelajaran Tipe Snow Ball Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Matematika (PTK VIII B Smp Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2008 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Nara, H & Siregar, E. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nindiati, D. S. (2020). Pengelolaan pembelajaran jarak jauh yang memandirikan siswa dan implikasinya pada pelayanan pendidikan. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3(1), 14-20.
Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.
Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.
Shi, H., dkk (2020). Radiological findings from 81 patients with COVID-19 pneumonia in Wuhan, China: a descriptive study. The Lancet infectious diseases, 20(4), 425-434.
Sobron, A. N., Bayu, B., Rani, R., & Meidawati, M. (2019). Pengaruh daring learning terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).
Sriyono, H. (2017). Pengaruh Kreativitas Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 307-318.
Sudjana, N. (2010). Penilaian proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sujarweni, V. W. (2014). Metode penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami.
Warokka, F. F., Parinsi, M. T., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Jaringan Dasar Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 276-283.