ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMK SELAMA MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3298Keywords:
Keaktifan Belajar, Pembelajaran Daring, Covid-19Abstract
Saat ini sistem pendidikan di Indonesia sedang mengalami tantangan baru yang disebabkan karena adanya wabah virus corona Covid 19 yang menyebabkan seluruh sistem pembelajaran dilembaga pendidikan dialihkan kepada metode pembelajaran daring online Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran situasi dan kondisi keaktifan belajar siswa selama masa pandemi di SMKN I Lolak kelas X TKJ2 Keaktifan belajar siswa adalah kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif secara langung selama proses pembelajaran berlangsung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi dan kondisi keaktian belajar siswa selama masa pandemi di SMKN I Lolak kelas X TKJ2 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data secara deskriptif Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dokumentasi dan kuesioner Penelitian ini dilaksanakan di SMKN I Lolak kelas X TKJ2 Hasil penelitian yang diperoleh yaitu:1 proses pembelajaran selama masa pandemi di SMKN I Lolak kelas X TKJ2 menggunakan pembelajaran secara daring; 2 keaktifan belajar siswa selama masa pandemi cukup efektif walaupun ada beberapa kendala selama proses pembelajaran berlangsung seperti kurangnya alat peraga dan akses internet yang kurang mendukung < em>< p>
References
Abdurrahman M 2003 Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Jakarta: Rineka Cipta
Badjin Y Palilingan V R Rompas P T D 2021 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 267 280
Dewi W A F 2020 Dampak Covid 19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2 1 55 61
Dimyati M 2006 Belajar dan pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta
Fadhli M 2017 Manajemen peningkatan mutu pendidikan Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1 2 215 240
Hamalik O 2001 Proses Belajar Mengajar Bandung: Bumi Aksara
Kambey W M Santa K Togas P V 2021 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 281 294
Khusniyah N L Hakim L 2019 Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Jurnal Tatsqif 17 1 19 33
Kurniati E 2009 Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Strategi Pembelajaran Tipe Snow Ball Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Matematika PTK VIII B Smp Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2008 Doctoral dissertation Universitas Muhammadiyah Surakarta
Nara H Siregar E 2011 Teori Belajar dan Pembelajaran Bogor: Ghalia Indonesia
Nindiati D S 2020 Pengelolaan pembelajaran jarak jauh yang memandirikan siswa dan implikasinya pada pelayanan pendidikan JOEAI: Journal of Education and Instruction 3 1 14 20
Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha
Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96
Shi H dkk 2020 Radiological findings from 81 patients with COVID 19 pneumonia in Wuhan China: a descriptive study The Lancet infectious diseases 20 4 425 434
Sobron A N Bayu B Rani R Meidawati M 2019 Pengaruh daring learning terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar In Seminar Nasional Sains Entrepreneurship Vol 1 No 1
Sriyono H 2017 Pengaruh Kreativitas Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan 4 3 307 318
Sudjana N 2010 Penilaian proses belajar mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sujarweni V W 2014 Metode penelitian: Lengkap praktis dan mudah dipahami
Warokka F F Parinsi M T Takaredase A 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Jaringan Dasar Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 276 283
