Augmented Reality pada Objek Sejarah Berbasis Android Menggunakan Teknik Markerless

Authors

  • Erwin Jordan Lontoh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Quido Conferti Kainde Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Trudi Komansilan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3414

Keywords:

Augmented Reality, Markerless AR, Objek Sejarah, MDLC

Abstract

Dengan adanya sistem Android ponsel pintar perkempangan nya begitu cepat dan melalui kemudahan mengakses internet di smartphone berbagai informasi yang dapat pengguna akses dimana saja dan kapan saja dengan mudah seperti mecari tempat makan atau tempat wisata Teknologi Berbasis Augmented Reality memungkinkan penyediaan variasi informasi seperti gambar dan lokasi bangunan dengan real time nyata Sebagian besar program augmented reality digunakan untuk Visual Trace Method Metode Marker dan Metode Tanpa Marker Untuk Metode Jejak Visual penanda instalasi dan informasi digital harus ditetapkan sementara Non visual Metode Jejak membutuhkan penggunaan perangkat keras GPS sensor dll Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle Ini akan menggunakan built in kamera smartphone untuk menampilkan informasi sebuah objek bersejarah secara real time di ponsel pintar < em>Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat mendukung dan memudahkan pengguna dalammen dapatkan informasi mengenai sejarah monumen monumen denganmedia pengenalan yang lebih menarik dimana informasi akan didapatkan secarareal time nyata lebih menarik dan mudah dalam penggunaannya Selain itu aplikasi ini juga dapatdigunakan sebagai media pendukung dalammengenalkan monumen bersejarah di minahasa dengan memanfaatkan teknologi AR berbasis android Disamping masyarakat mengabadikan foto kenangan di monumen tersebut juga sekaligus akan mendapatkan kesan tersendiri ketika menggunakan teknologi AR dengan berkunjung langsung kebangunan bersejarah tersebut < em>< p>

References

Azuma R T 1997 A Survey of Augmented Reality Presence: Teleoperators Virtual Environments 6 4 355 385

Efrain R Manggopa H K Liando O E S 2021 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 335 341

Hermawan S S 2011 Mudah Membuat Aplikasi Android Yogyakarta: Penerbit Andi

Hingide M N Mewengkang A Munaiseche C P C 2021 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PLATFORM ANDROID PADA MATA PELAJARAN PPKN SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 557 566

Hofstetter F 2001 Multimedia Literacy Third Edition: McGraw Hill International Edition

Makapedua C S Wonggo D Komansilan T 2021 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK USIA DINI Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 364 377

Munir P D 2012 Multimedia Konsep Aplikasi dalam Pendidikan

Posumah A Waworuntu J Komansilan T 2021 APLIKASI MOBILE PENGENALAN BUDAYA PULAU SULAWESI BERBASIS AUGMENTED REALITY Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 513 527

Pramono B A 2012 Desain Dan Implementasi Augmented Reality Berbasis Web Pada Aplikasi Furniture Shopping Manager Sebagai Alat Bantu Belanja Online Jurnal Transformatika 10 1 26 33

Rawis Z C Tulenan V Sugiarso B A 2018 Penerapan Augmented Reality Berbasis Android Untuk Mengenalkan Pakaian Adat Tountemboan Jurnal Teknik Informatika 13 1

Robin L 2001 Menguasai Pembuatan Animasi dengan Macromedia Flash Jakarta: Elek Media Komputindo

Sari J P Ernawati E Erlansari A 2014 Rancang Bangun Aplikasi Layanan Berbasis Lokasi Dengan Penerapan Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless Berbasis Android Studi Kasus: Pencarian Perangkat Daerah Kota Bengkulu Rekursif: Jurnal Informatika 2 2

Worang M O Rantung V P Parinsi M T 2021 MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MATA KULIAH MULTIMEDIA Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 581 590

Zainiyati H S 2017 Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis ICT Kencana

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Augmented Reality pada Objek Sejarah Berbasis Android Menggunakan Teknik Markerless. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 113 121. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3414