Model Pembelajaran Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa SMK

Authors

  • Luwsi Nilam Luwunaung Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4429

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Model Tutorial

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian iniĀ  untuk mengetahui penerapan metode pemelajaran erasis instruksi untuk meningkatkan hasil elajar pemrograman dasar siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (CAR-Classroom Action Research) .Pembelajaran Tutorial menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional CS6 dan diperoleh hasil belajar siswa pada Siklus I 65,62% dikategorikan Baik dan pada Siklus II 87,5% dikategorikan Sangat Baik. Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatanĀ  hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis instruksi untuk meningkatkan hasil belajar pemrograman dasar untuk Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha.

References

Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran (Vol. 118). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Deslauriers, L., & Wieman, C. (2011). Learning and retention of quantum concepts with different teaching methods. Physical review special topics-physics education research, 7(1).

Gobert, J. D., & Buckley, B. C. (2000). Introduction to model-based teaching and learning in science education. International Journal of Science Education, 22(9), 891-894.

Hamalik, O. (2002). Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA Pendekatan Baru.

Jibril, A. (2011). Jurus Kilat Jago Adobe Flash. Jawa Barat: Dunia Komputer.

Jihad, A., & Abdul, H. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. raja Grafindo Persada.

Jordan, M. I., & Rumelhart, D. E. (1992). Forward models: Supervised learning with a distal teacher. Cognitive science, 16(3), 307-354.

Mokoginta, H., Sojow, L., & Manggopa, H. K. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 220-226.

Mulyana, I., Kom, M., Putra, A. P., Kom, M., Suriansyah, M. I., & Kom, M. (2019). Buku Ajar Desain Grafis dan Multimedia (Vol. 1). Flash.

Riyanto, H. Y. (2014). Paradigma Baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas. Prenada Media.

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.

Sudijono, A. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suparlan, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Persepektif Islam. PENSA, 2(3), 249-261.

Suryosubroto, B. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta, 2002. Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. Manajemen Pendidikan.

Taula, S. F. H., Palilingan, V. R., & Olii, D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SMA. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 164-180.

Wardhani, P. A. (2015). Efikasi Diri dan Pemahaman Konsep IPA dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 58-67.

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

Luwunaung, L. N., Sumual, H., & Palilingan, V. R. (2022). Model Pembelajaran Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 152-158. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4429