Model Pembelajaran Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa SMK

Authors

  • Luwsi Nilam Luwunaung Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4429

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Model Tutorial

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini nbsp; untuk mengetahui penerapan metode pemelajaran erasis instruksi untuk meningkatkan hasil elajar pemrograman dasar siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas CAR Classroom Action Research Pembelajaran Tutorial menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional CS6 dan diperoleh hasil belajar siswa pada Siklus I 65 62 dikategorikan Baik dan pada Siklus II 87 5 dikategorikan Sangat Baik Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan nbsp; hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis instruksi untuk meningkatkan hasil belajar pemrograman dasar untuk Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha < em>< p>

References

Arifin Z 2009 Evaluasi pembelajaran Vol 118 Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto S 2021 Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi Bumi Aksara

Deslauriers L Wieman C 2011 Learning and retention of quantum concepts with different teaching methods Physical review special topics physics education research 7 1

Gobert J D Buckley B C 2000 Introduction to model based teaching and learning in science education International Journal of Science Education 22 9 891 894

Hamalik O 2002 Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA Pendekatan Baru

Jibril A 2011 Jurus Kilat Jago Adobe Flash Jawa Barat: Dunia Komputer

Jihad A Abdul H 2012 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: PT raja Grafindo Persada

Jordan M I Rumelhart D E 1992 Forward models: Supervised learning with a distal teacher Cognitive science 16 3 307 354

Mokoginta H Sojow L Manggopa H K 2021 PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 220 226

Mulyana I Kom M Putra A P Kom M Suriansyah M I Kom M 2019 Buku Ajar Desain Grafis dan Multimedia Vol 1 Flash

Riyanto H Y 2014 Paradigma Baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas Prenada Media

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96

Sudijono A 2007 Pengantar Evaluasi Pendidikan Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sudjana N 2013 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suparlan S 2020 Pendidikan Anak dalam Persepektif Islam PENSA 2 3 249 261

Suryosubroto B 2010 Manajemen Pendidikan di Sekolah Jakarta 2002 Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI Manajemen Pendidikan

Taula S F H Palilingan V R Olii D 2021 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SMA Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 164 180

Wardhani P A 2015 Efikasi Diri dan Pemahaman Konsep IPA dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu Jurnal Pendidikan Dasar 6 1 58 67

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

Model Pembelajaran Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa SMK. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 152 158. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4429