Model Pembelajaran Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4429Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Model TutorialAbstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini nbsp; untuk mengetahui penerapan metode pemelajaran erasis instruksi untuk meningkatkan hasil elajar pemrograman dasar siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas CAR Classroom Action Research Pembelajaran Tutorial menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional CS6 dan diperoleh hasil belajar siswa pada Siklus I 65 62 dikategorikan Baik dan pada Siklus II 87 5 dikategorikan Sangat Baik Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan nbsp; hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis instruksi untuk meningkatkan hasil belajar pemrograman dasar untuk Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha < em>< p>
References
Arifin Z 2009 Evaluasi pembelajaran Vol 118 Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto S 2021 Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi Bumi Aksara
Deslauriers L Wieman C 2011 Learning and retention of quantum concepts with different teaching methods Physical review special topics physics education research 7 1
Gobert J D Buckley B C 2000 Introduction to model based teaching and learning in science education International Journal of Science Education 22 9 891 894
Hamalik O 2002 Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA Pendekatan Baru
Jibril A 2011 Jurus Kilat Jago Adobe Flash Jawa Barat: Dunia Komputer
Jihad A Abdul H 2012 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: PT raja Grafindo Persada
Jordan M I Rumelhart D E 1992 Forward models: Supervised learning with a distal teacher Cognitive science 16 3 307 354
Mokoginta H Sojow L Manggopa H K 2021 PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 220 226
Mulyana I Kom M Putra A P Kom M Suriansyah M I Kom M 2019 Buku Ajar Desain Grafis dan Multimedia Vol 1 Flash
Riyanto H Y 2014 Paradigma Baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas Prenada Media
Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96
Sudijono A 2007 Pengantar Evaluasi Pendidikan Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sudjana N 2013 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suparlan S 2020 Pendidikan Anak dalam Persepektif Islam PENSA 2 3 249 261
Suryosubroto B 2010 Manajemen Pendidikan di Sekolah Jakarta 2002 Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI Manajemen Pendidikan
Taula S F H Palilingan V R Olii D 2021 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SMA Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 164 180
Wardhani P A 2015 Efikasi Diri dan Pemahaman Konsep IPA dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu Jurnal Pendidikan Dasar 6 1 58 67
