Aplikasi Mobile Learning Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4432Keywords:
Aplikasi, Mobile Learning, Pembelajaran, MDLC, MatematikaAbstract
Bagi sebagian siswa Sekolah Dasar menganggap belajar matematika seperti berhitung adalah mata pelajaran yang sulit membosankan dan kurang menarik Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa Selain itu dari segi kompetensi guru masih banyak guru yang kurang memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran Padahal untuk masa pandemi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu keharusan agar pembelajaran bisa optimal Hal ini mengharuskan guru untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam menghasilkan media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran selama masa pandemi Pandemi ini menuntut semua pihak untuk terus meningkatkan literasi teknologi dan memanfaatkan berbagai macam teknologi dalam proses pembalajaran Guru harus mengambil peran penting dalam menyampaikan pengetahuan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi seperti smartphone< em>< p>
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu media pembelajaran dalam bentuk aplikasi mobile learning matematika berbasis android untuk siswa Sekolah Dasar < em> Pengembangan aplikasi menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle MDLC yang terdiri dari 6 tahapan yaitu: < em>concept design material collecting assembly testing dan distribution < em> Hasil dari penelitian ini diperoleh sebuah aplikasi mobile learning matematika berbasis android untuk siswa Sekolah Dasar dan setelah dilakukan pengujian terhadap aplikasi yang dikembangkan di hasilkan bahwa aplikasi benar benar layak digunakan dan bisa didistribusikan kepada pengguna untuk digunakan dalam pembelajaran sehingga dapat membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran di masa pandemi covid 19 < em>< p>
References
Arsyad A 2015 Media Pembelajaran Edisi Revisi Jakarta: Rajawali Press
Audie N 2019 May Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Vol 2 No 1 pp 586 595
Deasy A 2020 HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA KORPRI BANJARMASIN JPG Jurnal Pendidikan Geografi 2 1 13 28
Febrianti S Nursafwa H Arifin B Hayati I Zailani Z 2021 Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Pada Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Al Ulum: Jurnal Pendidikan Islam 2 1 48 57
Ibrahim N Ishartiwi I 2017 Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android mata pelajaran IPA untuk siswa SMP Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan 8 1
Indriyani L 2019 May Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Vol 2 No 1 pp 17 26
Khaira H 2021 Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SemNas PBSI 3 pp 39 44 FBS Unimed Press
Liando M A J 2021 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 6 743 751
Luther A C 1994 Authoring interactive multimedia Academic Press Professional Inc
Nabil N 2020 Dinamika Guru Dalam Menghadapi Media Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Almarhalah Jurnal Pendidikan Islam 4 1 51 62
Pamuli M Mintjelungan M M Kambey M M 2021 ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMK SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 6 731 742
Pratama N A Hidayat D 2020 Pengetahuan dan perilaku masyarakat memaknai social distancing Jurnal Digital Media dan Relationship 2 1
Prawitasari M Susanto H 2021 RETROGRESI PENGGUNAAN MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MASA PANDEMI COVID 19 Jurnal Education and Development 9 4 173 177
Rianto N 2021 Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak 2 1 64 72
Rivai A Sudjana N 2009 Media pengajaran Bandung: Sinar Baru Algensindo
Rosanti S Hamdani N A Maskur M 2020 Penerapan Multimedia Interaktif Ispring Suite 8 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Menulis Bahasa Inggris Pada Pokok Bahasan Offering Help Di Sekolah Menengah Atas TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 5 1
Sadiman A S 2006 Media Pendidikan pengertian pengembangan dan pemanfaatannya
Setyaningrum W Waryanto N H 2017 Media edutainment segi empat berbasis android: apakah membuat belajar matematika lebih menarik? Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika 2 1 40 56
Suprihatin S 2015 Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 3 1 73 82
Syafi i A Marfiyanto T Rodiyah S K 2018 Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi Jurnal Komunikasi Pendidikan 2 2 115 123
Wahyudati E 2017 Pengembangan Media Jaring Jaring Bangun Ruang Dalam Model Pembelajaran Assure Kelas V Semester II di SDN Pucang Sidoarjo INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 1 1 9
