Aplikasi Mobile Learning Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4432Keywords:
Aplikasi, Mobile Learning, Pembelajaran, MDLC, MatematikaAbstract
Bagi sebagian siswa Sekolah Dasar menganggap belajar matematika, seperti berhitung adalah mata pelajaran yang sulit, membosankan dan kurang menarik. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Selain itu dari segi kompetensi guru, masih banyak guru yang kurang memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Padahal untuk masa pandemi, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu keharusan agar pembelajaran bisa optimal. Hal ini mengharuskan guru untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam menghasilkan media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran selama masa pandemi. Pandemi ini menuntut semua pihak untuk terus meningkatkan literasi teknologi dan memanfaatkan berbagai macam teknologi dalam proses pembalajaran. Guru harus mengambil peran penting dalam menyampaikan pengetahuan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi seperti smartphone
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu media pembelajaran dalam bentuk aplikasi mobile learning matematika berbasis android untuk siswa Sekolah Dasar. Pengembangan aplikasi menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari 6 tahapan yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil dari penelitian ini diperoleh sebuah aplikasi mobile learning matematika berbasis android untuk siswa Sekolah Dasar dan setelah dilakukan pengujian terhadap aplikasi yang dikembangkan di hasilkan bahwa aplikasi benar-benar layak digunakan dan bisa didistribusikan kepada pengguna untuk digunakan dalam pembelajaran. sehingga dapat membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran di masa pandemi covid 19.
References
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Press.
Audie, N. (2019, May). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).
Deasy, A. (2020). HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA KORPRI BANJARMASIN. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 2(1), 13-28.
Febrianti, S., Nursafwa, H., Arifin, B., Hayati, I., & Zailani, Z. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Pada Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 48-57.
Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android mata pelajaran IPA untuk siswa SMP. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1).
Indriyani, L. (2019, May). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 17-26).
Khaira, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 39-44). FBS Unimed Press.
Liando, M. A. J. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 743-751.
Luther, A. C. (1994). Authoring interactive multimedia. Academic Press Professional, Inc..
Nabil, N. (2020). Dinamika Guru Dalam Menghadapi Media Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 51-62.
Pamuli, M., Mintjelungan, M. M., & Kambey, M. M. (2021). ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 731-742.
Pratama, N. A., & Hidayat, D. (2020). Pengetahuan dan perilaku masyarakat memaknai social distancing. Jurnal Digital Media dan Relationship, 2(1).
Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). RETROGRESI PENGGUNAAN MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Education and Development, 9(4), 173-177.
Rianto, N. (2021). Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 64-72.
Rivai, A., & Sudjana, N. (2009). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Rosanti, S., Hamdani, N. A., & Maskur, M. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif Ispring Suite 8 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Menulis Bahasa Inggris Pada Pokok Bahasan Offering Help Di Sekolah Menengah Atas. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 5(1).
Sadiman, A. S. (2006). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya.
Setyaningrum, W., & Waryanto, N. H. (2017). Media edutainment segi empat berbasis android: apakah membuat belajar matematika lebih menarik?. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 40-56.
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.
Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.
Wahyudati, E. (2017). Pengembangan Media Jaring-Jaring Bangun Ruang Dalam Model Pembelajaran Assure Kelas V Semester II di SDN Pucang Sidoarjo. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1-9.