Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik PMR pada Siswa Kelas IV SD GMIM Malola

Authors

  • Maxie Albert Jacob Liando Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4443

Keywords:

Hasil Belajar, Pecahan, Pendidikan Matematika Realistik

Abstract

Menghadapi era globalisasi yang diiringi dengan perkembangan IPTEK yang sangat pesat seseorang dituntut untuk mampu memanfaatkan informasi dengan baik dan cepat Sehingga dibutuhkan Sumber Daya Manusia SDM yang berkualitas dan bernalar tinggi serta memiliki kemampuan untuk memproses informasi sehinga dapat digunakan untuk mengembangkan IPTEK Pembelajaran matematika di kelas IV SD GMIM Malola masih didominasi oleh guru Guru memberikan materi dengan metode ceramah Pada akhir penyampaian materi guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang kepahaman siswa sebagian besar siswa tidak menjawab Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya namun siswa diam Pada akhir pembelajaran guru memberikan soal latihan kepada siswa dan siswa diminta mengerjakannya Berdasarkan fakta di kelas IV SD GMIM MALOLA maka perlunya penerapan pendekatan pembelajaran yang tepat sebagai proses pembelajaran matematika Salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari hari mathematize of everyday experience dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari hari adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik PMR Pedidikan Matematika Realistik PMR memberikan kesempatan siswa untuk menemukan kembali dan mengkontruksi konsep konsep matematika pada masalah realistik yang diberikan oleh guru Situasi realistik dalam masalah memungkinkan siswa menggunakan cara cara informal cara mereka sendiri dengan pengalaman untuk menyelesaikan masalah < em>< p>

References

Arikunto S 2021 Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi Bumi Aksara

Assapari M M 2014 Eksistensi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan perkembangannya di era globalisasi Prasi: Jurnal Bahasa Seni dan Pengajarannya 9 18

Dhoruri A 2010 Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik PMR Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Hadianti L S 2017 Pengaruh Pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa Penelitian deskriftif analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut Jurnal Pendidikan UNIGA 2 1 1 8

Moningka G G E Liando O E S Manggopa H K 2021 PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 439 451

Mulyana Y 2020 Peran Sumber Daya Manusia SDM Generasi Muda Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4 0 Prismakom 16 1 36 46

Ningsih S 2014 Realistic mathematics education: model alternatif pembelajaran matematika sekolah Jurnal Pendidikan Matematika 1 2 73 94

Rahmawati F 2013 Pengaruh pendekatan pendidikan realistik matematika dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar Prosiding Semirata 2013 1 1

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96

Slameto 2010 Belajar Faktor faktor yang Mempengaruhi Jakarta: Rineka Cipta

Soviawati E 2011 Pendekatan matematika realistik pmr untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa di tingkat sekolah dasar Jurnal Edisi Khusus 2 2 79 85

Suharta I Putu G 2001 Matematika Realistik: Apa dan Bagaimana Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Surya Mohammad 1992 Psikologi Pendidikan Cetakan ke 5 Edisi Revisi Bandung: Jurusan PBB UPI

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik PMR pada Siswa Kelas IV SD GMIM Malola. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 193 204. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4443