Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Animasi 2D pada Siswa SMK

Authors

  • Sharen Nia Novrita Desly Rondonuwu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • James Sumayku Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Agustinus Takaredase Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4553

Keywords:

Hasil Belajar, Animasi 2D, Metode Demonstrasi

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini< em> adalah untuk meningkatkan hasil belajar Animasi 2D pada siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tombulu Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu < em>analisis deskriptif kualitatif< em> < em> suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh< em> Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Multimedia yang berjumlah 13 orang siswa Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Teknik Dokumentasi Tes Observasi Dari hasil penelitian yang dilakukan di peroleh hasil belajar pada siklus I 46 dan pada siklus II 92 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Animasi 2D pada siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tombulu< em> < em>< p>

References

Akbar H P A Rahim Z 2011 Animasi Pendidikan menggunakan Flash Informatika Bandung

Anni 2004 Psikologi Pendidikan Pengajaran teori praktik Yogyakarta: CAPS

Aunurrahman 2011 Belajar Dan Pembelajaran Bandung: Alfabeta

Djamarah S B Zain A 2010 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta Kemampuan Spasial

Emzir 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data Cet 4 Jakarta : Rajawali Pers

Hamalik O 2003 Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem Bumi Aksara Jakarta

Liando M A J 2021 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 6 743 751

Luhulima D A Degeng N S Ulfa S 2018 Pengembangan video pembelajaran karakter mengampuni berbasis animasi untuk anak sekolah minggu JINOTEP Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran : Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 3 2 110 120

Mokoginta H Sojow L Kamang M 2021 Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 220 226 1 3

Nasution S 2006 Metode Research Penelitian Ilmiah cet VIII Jakarta Bmi Aksara

Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha

Roestiyah 2008 Strategi Belajar Mengajar Jakarta : Rineka Cipta

Samosir A P P 2020 Perancangan pusat pengembangan animasi Indonesia di kota Cimahi dengan pendekatan folding architecture Doctoral dissertation Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Siregar E Nara H 2010 Teori belajar dan pembelajaran

Slameto 2003 Belajar Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya Jakarta : Rineke Cipta

Sudjana N 2006 Dasar dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset

Syah M 1995 Psikologi dengan Pendekatan Baru Bandung: Remaja Rosdakarya

Syah M 2010 Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru cet ke 16 Bandung: Rosda Karya

Sudjana N 2010 Penilaian hasil proses belajar mengajar

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Animasi 2D pada Siswa SMK. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 205 211. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4553