Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Animasi 2D pada Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4553Keywords:
Hasil Belajar, Animasi 2D, Metode DemonstrasiAbstract
Adapun tujuan penelitian ini< em> adalah untuk meningkatkan hasil belajar Animasi 2D pada siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tombulu Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu < em>analisis deskriptif kualitatif< em> < em> suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh< em> Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Multimedia yang berjumlah 13 orang siswa Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Teknik Dokumentasi Tes Observasi Dari hasil penelitian yang dilakukan di peroleh hasil belajar pada siklus I 46 dan pada siklus II 92 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Animasi 2D pada siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tombulu< em> < em>< p>
References
Akbar H P A Rahim Z 2011 Animasi Pendidikan menggunakan Flash Informatika Bandung
Anni 2004 Psikologi Pendidikan Pengajaran teori praktik Yogyakarta: CAPS
Aunurrahman 2011 Belajar Dan Pembelajaran Bandung: Alfabeta
Djamarah S B Zain A 2010 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta Kemampuan Spasial
Emzir 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data Cet 4 Jakarta : Rajawali Pers
Hamalik O 2003 Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem Bumi Aksara Jakarta
Liando M A J 2021 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 6 743 751
Luhulima D A Degeng N S Ulfa S 2018 Pengembangan video pembelajaran karakter mengampuni berbasis animasi untuk anak sekolah minggu JINOTEP Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran : Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 3 2 110 120
Mokoginta H Sojow L Kamang M 2021 Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 220 226 1 3
Nasution S 2006 Metode Research Penelitian Ilmiah cet VIII Jakarta Bmi Aksara
Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha
Roestiyah 2008 Strategi Belajar Mengajar Jakarta : Rineka Cipta
Samosir A P P 2020 Perancangan pusat pengembangan animasi Indonesia di kota Cimahi dengan pendekatan folding architecture Doctoral dissertation Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Siregar E Nara H 2010 Teori belajar dan pembelajaran
Slameto 2003 Belajar Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya Jakarta : Rineke Cipta
Sudjana N 2006 Dasar dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset
Syah M 1995 Psikologi dengan Pendekatan Baru Bandung: Remaja Rosdakarya
Syah M 2010 Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru cet ke 16 Bandung: Rosda Karya
Sudjana N 2010 Penilaian hasil proses belajar mengajar
