Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Animasi 2D pada Siswa SMK

Authors

  • Sharen Nia Novrita Desly Rondonuwu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • James Sumayku Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Agustinus Takaredase Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4553

Keywords:

Hasil Belajar, Animasi 2D, Metode Demonstrasi

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Animasi 2D pada siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tombulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif, suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Multimedia yang berjumlah 13 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Teknik Dokumentasi, Tes, Observasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan di peroleh hasil belajar pada siklus I 46% dan pada siklus II 92%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Animasi 2D pada siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tombulu.

References

Akbar, H. P. A., & Rahim, Z. (2011). Animasi Pendidikan menggunakan Flash. Informatika. Bandung.

Anni. (2004). Psikologi Pendidikan & Pengajaran (teori & praktik). Yogyakarta: CAPS.

Aunurrahman. (2011). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta. Kemampuan Spasial.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data . Cet . 4 . Jakarta : Rajawali Pers.

Hamalik, O. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem . Bumi Aksara. Jakarta.

Liando, M. A. J. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 743-751.

Luhulima, D. A., Degeng, N. S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan video pembelajaran karakter mengampuni berbasis animasi untuk anak sekolah minggu. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110-120.

Mokoginta, H., Sojow, L., & Kamang, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 220-226, 1(3).

Nasution, S. (2006). Metode Research Penelitian Ilmiah, cet. VIII, Jakarta Bmi Aksara.

Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar . Jakarta : Rineka Cipta.

Samosir, A. P. P. (2020). Perancangan pusat pengembangan animasi Indonesia di kota Cimahi dengan pendekatan folding architecture (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori belajar dan pembelajaran.

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineke Cipta.

Sudjana, N. (2006). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru. Algesindo Offset.

Syah, M. (1995). Psikologi dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, cet. ke-16. Bandung: Rosda Karya.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar.

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Rondonuwu, S. N. N. D., Sumayku, J., & Takaredase, A. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Animasi 2D pada Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 205-211. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4553