Pengembangan Video Profil Perusahaan Menggunakan Teknik Dubbing di SMK

Authors

  • Ridel Wiliam Samuel Sampouw Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Christine Takarina Meitty Manoppo Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Indra Rianto Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4613

Keywords:

Video Profil Perusahaan, MDLC, Sony Vegas Pro 15

Abstract

Penelitian tentang profil perusahaane ini dibuat sebagai media promosi, memperkenalkan dan menyampaikan informasi kepada peserta didik yang akan masuk ke Sekolah tertentu. Penulis membuat aplikasi media pembelajaran ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang memiliki 6 tahapan. Pembuatan Video Profil perusahaan ini menggunakan Sony Vegas Pro15, Adobe Photoshop Untuk mengolah gambar.Teknik pengumpulan menggunakan metode langkah dengan menggunakan data yang diperoleh dalam bentuk video. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil video profil telah diterapkan di Sekolah, dengan itu telah terbukti bahwa Peserta didik dapat dengan jelas mengetahui beberapa hal tentang sekolah dengan menggunakan Video profil Sekolah yang diterapkan.

References

Aryad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Binanto, I. (2011). Multimedia Digital (Dasar Teori dan Pengembangannya) . Yogyakarta: Andi.

Hanief, S., & Purwanto, A. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Perwalian Online Mahasiswa Pada Program Pendidikan Jarak Jauh. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 2 (1).

Kausar, A., Sutiawan, Y. F., & Rosalina, V. (2015). Perancangan Video Profil perusahaane Kota Serang dengan Teknik Editing Menggunakan Adobe Premier Pro CS 5. Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 2 (1).

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lontoh, E. J., Kainde, Q. C., & Komansilan, T. (2022). Augmented Reality pada Objek Sejarah Berbasis Android Menggunakan Teknik Markerless. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(1), 113-121.

Maimunah, Sunarya, L., & Larasati, N. (2012). Media Profil perusahaane Sebagai Sarana Penunjang Informasi dan Promosi. Raharja Open Journal Systems, 5 (3).

Maryati, S., & Purnama, B. E. (2013). Pembuatan Video Profil Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Polokarto Kabupaten Sukoharjo Dengan Menggunakan Multimedia. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 5(1).

Neo, T. K., & Neo, M. (2004). Classroom innovation: Engaging students in interactive multimedia learning. Campus-Wide Information Systems.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya.

Wicaksono, K. (2017). Pembuatan Video Profil perusahaane Sebagai Media Promosi dan Informasi Brother House Cafe Wonosobo. Naskah Publikasi, STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Worang, M. O., Rantung, V. P., & Parinsi, M. T. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Mata Kuliah Multimedia. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Volume 1 Nomor 5.

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Sampouw, R. W. S., Manoppo, C. T. M., & Rianto, I. (2022). Pengembangan Video Profil Perusahaan Menggunakan Teknik Dubbing di SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 224-232. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4613