Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4614Keywords:
Media Pembelajaran, MDLC, Android, Teknologi, Hasil BelajarAbstract
Pada saat ini teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak besar terhadap berbagai bidang kehidupan salah satunya dalam dunia pendidikan. Maka dari itu perlu adanya pemanfaatan teknologi informasi komunikasi sebagai media pembelajaran yang bukan hanya menarik tapi dapat memberikan dampak yang baik bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan bantuan media pembelajaran yang menarik, siswa akan lebih mudah untuk memahami materi yang diberikan dan akan berdampak positif terhadap prestasi atau hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis android di SMP Negeri 11 Bitung. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari enam tahap, yaitu Concept, Design, Obtaining Content Material, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil dari pengembangan media pembelajaran ini sudah diuji penggunaannya dan dari hasil pengujian diperoleh bahwa aplikasi media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis android ini layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar yang lebih interaktif dan dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran sehingga akan berdampak positif dengan meningkatnya hasil belajar siswa.
References
Afifah, D.S.N. (2012). Pendekatan Problem Posing dengan Latar Pembelajaran Kooperatif. Gamatika, 2 (2), 157-165.
Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan Mobile Learning Bagi Pembelajaran. JKKP: Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan,4 (2), 98.
Arsyad (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Darmawan, D. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Djamen, A, C., Rompas, P, T, D., & Ratumbanua, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2 (1), 66.
Fatimah, S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa. Jurnal Kaunia, 10 (1).
Hingide, M. N., Mewengkang, A., & Munaiseche, C. P. C., (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Platform Android Pada Mata Pelajaran PPKN SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1 (5), 558.
Ibrahim, N. (2017). Pengembangan media pembelajaran Mobile Learning berbasis Android mata pelajaran IPA untuk siswa SMP. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(1), 81.
Kasman, A. D. (2016). Trik Kolaborasi Android dengan PHP dan My Sql. Yogyakarta: Lokomedia.
Nazruddin, S. H. (2012), Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android (Edisi Revisi), Informatika, Bandung.
Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.
Satyawan, F. H., & Bajuri, P. E. (2018). Penggunaan Kamus Olahraga Berbasis Android dalam Penguasaan Istilah Asing Bidang Olahraga. Pedagogia : Jurnal Pendidikan. 7(2), 99.
Supriatna, D. (2009). Pengenalan Media Pembelajaran. Bahan ajar untuk Diklat E – Training PPPPTK dan PLB. Bandung. PPPPTK dan PLB.
Umar. (2013). Media Pendidikan. Jurnal Tarbawiyah. Vol 10 (No 2), 8.
Wilson, M & Bolliger, D.U. (2013). Mobile learning: endless possibilities for allied health educators. Journal of Diagnostic Medical Sonography, 29, 220 –224.