Pengembangan Media Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4676Keywords:
Mobile Learning, MDLC, Media pembelajaranAbstract
Teknologi yang saat ini bisa dimanfaatkan oleh guru yaitu teknologi berbasis mobile berupa mobile learning yang merupakan bagian dari e-learning, nantinya guru dapat memanfaatkan teknologi berbasis mobile ini sebagai sarana/media dalam menyampaikan materi pembelajaran. Mobile learning merupakan pembelajaran elektronik yang memungkinkan peserta didik dapat belajar dimana saja dan kapan saja sehingga proses belajarnya tidak hanya dalam kelas saja tapi bisa dimana saja agar lebih paham tentang materi yang diajarkan oleh guru. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi mobile dalam penggunaanya yaitu aplikasi pembelajaran IPS yang bisa membantu peserta didik dalam kegiatan pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu Concept (pengonsepan), Design (Perancangan), Material Collecting (Pengumpulan Bahan), Assembly (Pembuatan), Testing (pengujian), dan Distribution (pendistribusian). Media pembelajaran dibuat berdasarkan konsep-konsep yang telah dirancang dan diuji dengan teknik black box testing menghasilkan hasil yang baik. Dengan demikian aplikasi layak digunakan dalam proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
References
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Binanto, I. (2010). Multimedia Digital, Dasar Teori + Pengembangannya. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Huda, A. A. (2013). LIVECODING! 9 Aplikasi Android Buatan Sendiri. Yogyakarta: ANDI Offset.
Keskin, N. O., & Metcalf, D. (2011). The Current Perspective, Theories, And Practices of Mobile Learning. The Turkish Online Journal of Educational Technology (TOJET). Vol 10 Issue 2.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama. 14(1), 15.
Mustika., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2 (2), 121.
Purwantoro, S., Rahmawati, H. & Tharmizi, A. (2013). Mobile Searching Objek Wisata Pekanbaru Menggunakan Location Base Service (LBS) Berbasis Android. Jurnal Politeknik Caltex Riau, Volume 1, p. 177.
Purwita, A. W., & Sumbawati, M. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning (Mlearning) Pada Mata Pelajaran Siste Komputer Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Cerme. Jurnal IT-Edu, 1(1), 72.
Rosenberg, M. J. (2001). E-Learning: Strategies for DeliveringKnowledge in The Digital Age. USA: McGraw - Hill Companies
Somantri, N. (2011). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Supari, K. P., Kenap, A. A., & Mewengkang, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 700.
Supit, A. V., Komansilan, T., & Tansit, I. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Mobile Bagi Siswa Sekolah Dasar. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 500-501.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Toffler, A. (1980). The Future Shock “Third Wave”. New York: Bantam Book
Umar. (2013). Media Pendidikan. Jurnal Tarbawiyah, 10(2), 8.