Pengembangan Game Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Mobile untuk Siswa PAUD
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4679Keywords:
Game Edukasi, Bahasa Inggris, Multimedia Development Life CycleAbstract
Pendidikan sangatlah penting dilakukan sejak usia dini agar anak-anak tidak terlambat mengenal dunia Pendidikan. Game edukasi merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk memberikasn pengajaran dan menamba pengetahuan penggunanya dengan media yang menarik. Penulis merancang game edukasi Bahasa Inggris berbasis mobile buat peserta didik PAUD yang menarik tetapi juga mendidik dengan tujuan untuk termotivasi dalam kegiatan belajar. Game edukasi Bahasa Inggris untuk anak usia dini ini terdiri dari pengenalan tentang anggota tubuh manusia beserta fungsinya. Peneliti menggunakan metode penelitian Multimedia Development Life Cycle versi Luther-Sutopo yang terdiri dari enam tahapan, yaitu Pengonsepan, Desain, Pengumpulan Material, Pembuatan, Pengujian dan Distribusi. Aplikasi game edukasi ini melewati tahap pengujian dengan cara Usabillity Test dan Black Box untuk developer test. Pembuatan aplikasi ini sendiri, menggunakan software Smart Apps Creato (SAC). Setelah dilakukan pengujian oleh pembuat media dan ahli, peneliti menyimpulkan bahwa game edukasi Bahasa Inggris ini cocok digunakan dalam proses pembelajaran dan menganut desai produk dan yang akan terjadi pengujian yang dilakukan itu didasarkan di tujuan pengembangan serta tidak terdapat kesalahan ketika memakai aplikasi.
References
Agung, M. L. (2011). Berinternet dengan Facebook dan Twitter untuk Pemula. Yogyakarta: Penerbit Andi & Madcoms.
Andrianto, R., Sulaiman, M. M., & Yulianto, M. A. (2020). Aplikasi interaktif teknolog layanan jaringan sebagai media belajar siswa berbasis android. KOLANO: Journal of Multi-Disciplinary Sciences, 1(1), 34-43.
Clark, D. (2003). Games and e-learning. Epic Group.
Echols, J. M., & Shadily, H. (2005). Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Handriyantini, E., (2009). Permainan edukatif (educational games) berbasis komputer untuk siswa sekolah dasar. Malang: Sekolah Tinggi Informasi & Komputer Indonesia.
Ismail, A. (2009). Education games: Panduan praktis permainan yang menjadikan anak anda cerdas, kreatif, dan saleh. Yogyakarta: Pro-U Media.
Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan pengembangan anak usia taman kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.
Safaat, N. (2012). Android; Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android.
Samuel, H. (2010). Cerdas dengan game: Panduan praktis bagi orang tua dalam mendampingi anak bermain game. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugihartono, F. K., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta.
Virvou, M., Katsionis, G., & Manos, K. (2005). Combining software games with education: Evaluation of its educational effectiveness. Journal of Educational Technology & Society, 8(2), 54-65.
Von Neumann, J., & Morgenstern, O. (1944). Theory of games and economic behavior Princeton. Princeton University Press, 1947, 1953.
Wonggo, D., Olii, D., & Kenap, A. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Digital Berbasis Android di Prodi PTIK Unima. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 100-112. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3413.