Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4698Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Penerapan Model Problem Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X Negeri 1 Maluku Tenggara. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana akan diterapkan model pembelajaran based learning selama proses belajar mengajar untuk dilihat peningkatan hasil belajar yang di dapatkan siswa penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdapat III siklus penelitian dalam satu kompetensi dasar yang pertama Planning (Perencanaa), kedua Acting (Pelaksanaan), dan yang ketiga Replecting (Repleksi). Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X TKJ Negeri 1 Maluku Tenggara tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 peserta didik. Instrument penelitian yaitu Non tes, Tes, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif yang dilakukan melalui tes hasil belajar yang didapatkan dari setiap akhir siklus. Penerapan model Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X TKJ SMK Negeri 1 Maluku Tenggara pada pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Peningkatan hasil belajar peserta didik terlihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar peserta didik pada tiap siklusnya. Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 72 meningkat pada siklus II menjadi 81,88 dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 85,24. Sedangkan ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 40% meningkat pada siklus II menjadi 68% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 92%.
References
Alwi, M. (2011). Belajar Menjadi bahagia dan Sukses Sejati. Jakarta: Gramedia.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurohman, M. (2017). Belajar Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.
Hamdayana, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosakarya.
Mulyasa. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Munawar, I. (2008). Hasil Belajar (Pengertian dan Definisi). Bandung: PT. Remaja Rosda Jaya.
Pusung, R. E., Manggopa, H. K., & Takaredase, A. (2021). Analisis Kendala dan Alternatif Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 719-730.
Rusman. (2017). Belajar danPembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugihartono. (2013). Psokolgi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jakarta: Ar-Ruzz Media.