Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK

Authors

  • Delila Somnaikubun Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Wensi Ronald Lesli Paat Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4698

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Penerapan Model Problem Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X Negeri 1 Maluku Tenggara Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK dimana akan diterapkan model pembelajaran based learning selama proses belajar mengajar untuk dilihat peningkatan hasil belajar yang di dapatkan siswa penelitian Tindakan Kelas PTK terdapat III siklus penelitian dalam satu kompetensi dasar yang pertama Planning Perencanaa kedua Acting Pelaksanaan dan yang ketiga Replecting Repleksi Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X TKJ Negeri 1 Maluku Tenggara tahun ajaran 2021 2022 yang berjumlah 25 peserta didik Instrument penelitian yaitu Non tes Tes dan Dokumentasi Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif yang dilakukan melalui tes hasil belajar yang didapatkan dari setiap akhir siklus Penerapan model Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X TK< em>J< em> SMK Negeri 1 Maluku Tenggara pada pada < em>Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital< em> Peningkatan hasil belajar peserta didik terlihat dari adanya peningkatan nilai rata rata kelas dan ketuntasan belajar peserta didik pada tiap siklusnya Nilai rata rata kelas pada siklus I sebesar 72 meningkat pada siklus II menjadi 81 < em>8< em>8 dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 85 24 Sedangkan ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 40 meningkat pada siklus< em> II menjadi 68 dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 92 < em>< p>

References

Alwi M 2011 Belajar Menjadi bahagia dan Sukses Sejati Jakarta: Gramedia

Arikunto S 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta

Fathurohman M 2017 Belajar Pembelajaran Modern: Konsep Dasar Inovasi dan Teori Pembelajaran Yogyakarta: Garudhawaca

Hamdayana J 2016 Metodologi Pengajaran Jakarta: Bumi Aksara

Huda M 2015 Model Model Pengajaran dan Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Belajar

Majid A 2014 Strategi Pembelajaran Bandung: Remaja Rosakarya

Mulyasa 2009 Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jakarta: PT Bumi Aksara

Munawar I 2008 Hasil Belajar Pengertian dan Definisi Bandung: PT Remaja Rosda Jaya

Pusung R E Manggopa H K Takaredase A 2021 Analisis Kendala dan Alternatif Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 6 719 730

Rusman 2017 Belajar danPembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana

Rusmono 2012 Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Bogor: Ghalia Indonesia

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96

Shoimin A 2014 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Sugihartono 2013 Psokolgi Pendidikan Yogyakarta: UNY Press

Suprihatiningrum J 2016 Strategi Pembelajaran Teori Aplikasi Jakarta: Ar Ruzz Media

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 295 307. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4698