Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK

Authors

  • Nikita Gabriel Sangeroki Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Daniel Riano Kaparang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5254

Keywords:

Discovery Learning, Hasil Belajar, Desain Grafis

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas di SMK Kristen Kawangkoan karena terdapat permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran desain grafis dasar alasan utamanya adalah penggunaan metode pembelajaran konvensional yang hanya lebih berpusat pada guru Pelaksanaan penelitian ini adalah untuk dapat membantu meningkatkan hasil belajar dasar desain grafis siswa pada materi penerapan software pengolah gambar vektor dan penerapan manipulasi gambar menggunakan fitur efek Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK dengan dua siklus yang terdiri dari empat pertemuan dalam satu siklus Setiap siklus terdiri dari rencana tindakan pelaksanaan tindakan observasi observasi dan refleksi Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dasar desain grafis siswa dari penerapan pada siklus I ke penerapan pada siklus II Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dasar desain grafis siswa kelas X TKJ SMK Kriseten Kawangkoan < em>< p>

References

Arikunto S 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta Cet Ke 13

Budiningsih A 2005 Model Discovery Learning Jakarta: Pustaka Mandiri

Cahyo A N 2013 Panduan aplikasi teori teori belajar mengajar teraktual dan terpopuler Yogyakarta: DIVA Press [Indonesian]

Djamarah S B Zain A 2010 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta Kemampuan Spasial

Emda A 2018 Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Lantanida journal 5 2 172 182

Idris S Amalia L 2020 Peningkatan Keterampilan Penggunaan Desain Grafis Coreldraw Dikelurahan Wajo Baru Makassar Jurnal Ilmiah Ecosystem 20 1 94 97

Ihsana E K 2017 Belajar dan Pembelajara: Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran Pustaka Pelajar

Oktavia M Rahma S Akmalia R Teguh A Ramadhani A Kusuma A 2021 Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang HarusMenjadi Guru Jurnal Pendidikan Dan Konseling JPDK 3 2 122 128

Parmita N P I P Agustini K Santyadiputra G S 2017 Pengembangan E Modul Pembelajaran Administrasi Server Kelas X TKJ di SMK TI Bali Global Singaraja Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI 6 2 175 191

Pondaag R A Pardanus R H W Togas P V 2021 Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kkpi Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 284 296

Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha

Qomarats I Eva Y 2020 Corporate Identity Canting Buana Kreatif: Rancangan dan Pengaplikasiannya Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design 1 2 72 82

Rusman R 2015 Pembelajaran tematik terpadu Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sadirman A M 2005 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada

Somnaikubun D Paat W R L Palilingan V R 2022 Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 295 307

Trianto M P 2009 Mendesain model pembelajaran inovatif progresif Jakarta: Kencana

Wassahua S 2016 Analisis gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru Matematika dan Pembelajaran 4 1 84 104

Witherington H C 1952 Readability of Textbooks in Educational Psychology The Journal of Educational Research 46 3 227 230

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(3), 319 331. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5254