Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK

Authors

  • Daniel Riano Kaparang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Yesika Gabriela Suatan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5263

Keywords:

Blended Learning, Hasil Belajar, Dasar Desain Grafis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ SMK Kristen Kawangkoan karena terdapat permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis, alasan utamanya adalah penggunaan metode pembelajaran ceramah yang hanya lebih berpusat pada guru. Untuk itu pelaksanaan penelitian ini adalah untuk dapat membantu meningkatkan hasil belajar dasar desain grafis siswa pada materi unsur – unsur, karakteristik dan warna desain grafis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Eksperimen Semu.Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup deskripsi data, pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, bahwa rata-rata pre-test (O1) dan post-test (O2) hasil belajar Dasar Desain Grafis pada kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning lebih tinggi daripada rata-rata pre-test (O3) dan post-test (O4) hasil belajar Dasar Desain Grafis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tatap muka. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Desain Grafis siswa kelas X TKJ di SMK Kristen Kawangkoan.

References

Efgivia, M. G. (2019). Pengaruh Media Blanded Dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pengembangan Media Audio Mahasiswa Semester IV TP UIKA Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 85-96.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Eryilmaz, M. (2015). The effectiveness of blended learning environments. Contemporary Issues in Education Research (CIER), 8(4), 251-256.

Liando, M. A. J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas IV SD GMIM Malola. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 193-204.

Matukhin, D., & Zhitkova, E. (2015). Implementing blended learning technology in higher professional education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 206, 183-188.

Mirahyanti, I. G. A., Sumual, H., & Palilingan, V. R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Minat Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(1), 90-99.

Mudjiono, D. (2013). Belajar dan Perkembangan. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.

Pauran, D. C., Waworuntu, J., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 139-150.

Perdana, D. R., & Adha, M. M. (2020). Implementasi blended learning untuk penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 90-101.

Putranti, N. (2013). Cara membuat media pembelajaran online menggunakan edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2), 139-147.

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sumanto, D., Utaminingsih, S., & Haryanti, A. (2020). Perkembangan peserta didik.

Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2014). Pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pondok pesantren madrasah aliyah al-utrujiyyah kota karang bandar lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 1(2), 55-66.

Ulya, N. M. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1-25.

Waworuntu, J. (2013). Buku Ajar Statistika PTIK. Universitas Negeri Manado: LP2I.

Widiara, I. K. (2018). Blended learning sebagai alternatif pembelajaran di era digital. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 2(2), 50-56.

Worang, N. A., Mintjelungan, M. M., & Takaredase, A. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 241-250.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Kaparang, D. R., Suatan, Y. G., & Togas, P. V. (2022). Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(3), 345-358. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5263