Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK

Authors

  • Daniel Riano Kaparang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Yesika Gabriela Suatan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5263

Keywords:

Blended Learning, Hasil Belajar, Dasar Desain Grafis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ SMK Kristen Kawangkoan karena terdapat permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis alasan utamanya adalah penggunaan metode pembelajaran ceramah yang hanya lebih berpusat pada guru Untuk itu pelaksanaan penelitian ini adalah untuk dapat membantu meningkatkan hasil belajar dasar desain grafis siswa pada materi unsur unsur karakteristik dan warna desain grafis Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Eksperimen Semu Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup deskripsi data pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji perbedaan dua rata rata bahwa rata rata pre test O1 dan post test O2 hasil belajar Dasar Desain Grafis pada kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning lebih tinggi daripada rata rata pre test O3 dan post test O4 hasil belajar Dasar Desain Grafis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tatap muka Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Desain Grafis siswa kelas X TKJ di SMK Kristen Kawangkoan < em>< p>

References

Efgivia M G 2019 Pengaruh Media Blanded Dan E Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pengembangan Media Audio Mahasiswa Semester IV TP UIKA Bogor Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan 4 2 85 96

Ekayani P 2017 Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja 2 1 1 11

Eryilmaz M 2015 The effectiveness of blended learning environments Contemporary Issues in Education Research CIER 8 4 251 256

Liando M A J 2022 Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik PMR pada Siswa Kelas IV SD GMIM Malola Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 193 204

Matukhin D Zhitkova E 2015 Implementing blended learning technology in higher professional education Procedia Social and Behavioral Sciences 206 183 188

Mirahyanti I G A Sumual H Palilingan V R 2022 Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Minat Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 1 90 99

Mudjiono D 2013 Belajar dan Perkembangan Jakarta PT Rineka Cipta

Nugraha S A Sudiatmi T Suswandari M 2020 Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv Jurnal Inovasi Penelitian 1 3 265 276

Pauran D C Waworuntu J Takaredase A 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar di SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 139 150

Perdana D R Adha M M 2020 Implementasi blended learning untuk penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 8 2 90 101

Putranti N 2013 Cara membuat media pembelajaran online menggunakan edmodo Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains 2 2 139 147

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96

Sugiyono D 2013 Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif dan R D

Sumanto D Utaminingsih S Haryanti A 2020 Perkembangan peserta didik

Thahir A Hidriyanti B 2014 Pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pondok pesantren madrasah aliyah al utrujiyyah kota karang bandar lampung KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling E Journal 1 2 55 66

Ulya N M 2017 Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 10 1 1 25

Waworuntu J 2013 Buku Ajar Statistika PTIK Universitas Negeri Manado: LP2I

Widiara I K 2018 Blended learning sebagai alternatif pembelajaran di era digital Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya 2 2 50 56

Worang N A Mintjelungan M M Takaredase A 2021 PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 241 250

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(3), 345 358. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5263