Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika MTS

Authors

  • Stralen Pratasik Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Baso Mohamad Ahyar Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5282

Keywords:

Media Pembelajaran, MDLC, Teknologi Informasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan alat bantu pembelajaran berbasis teknologi informasi menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran informatika di Kelas VII MTS Plus Tarbiyah Tondano untuk menjawab masalah yang ditemukan pada penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang di gunakan guru sebagai media atau alat dalam pembelajaran masih kurang dalam bentuk media pembelajaran digital dan interaktif khususnya pada mata pelajaran informatika. Model pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap yaitu Concept, desain, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Dengan tahap-tahap yang dilakukan maka media pembelajaran dapat dikembangkan sebagai salah satu alat bantu pembelajaran untuk guru dan juga sebagai referensi guru dalam menyajikan materi pembelajaran pada siswa khususnya pada mata pelajaran informatika di kelas VII MTS.

References

Akbar, R. R. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Azhari, A. M. (2020). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM DOKUMENTER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA.

Bustomi, Y., Ramdhani, M. A., & Cahyana, R. (2012). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Sebaran Tempat Riset Teknologi Informasi di Kota Garut. Jurnal Algoritma, 9(1), 171-177.

Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21-30.

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.

Istiqlal, A. (2018). Manfaat media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139-144.

Kähler, J., Gerth, S., Schäfer, P., Boersma, E., Köster, R., Terres, W., Simoons, M. L., Berger, J., Meinertz, T., & Hamm, C. W. (2001). Antibodies to chlamydial lipopolysaccharides in unsTabel angina pectoris. American Journal of Cardiology, 87(10), 1150–1153. https://doi.org/10.1016/S0002-9149(01)01484-9

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media.

Lathifah, H. (2017). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Dan Struktur Organisasi Terhadap Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Manajemen (Studi Pada Pt. Pos Indonesia (Persero)) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung).

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183.

Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139

Novianti, S., & Simanjuntak, M. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(1), 44–51. https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i1.9497

Prasetya, E., Sugara, A., & Pratiwi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. 2(2), 121–126. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139

Pratasik, S. (2019). Perancangan Sistem Business Intelligence Pada Palang Merah Indonesia Daerah Sulawesi Utara. FRONTIERS: JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 2(2).

Purwono, J. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran, 2(2).

Rurut, M., Waworuntu, J., & Komansilan, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 212-223.

Somnaikubun, D., Paat, W. R. L., & Palilingan, V. R. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 295-307.

Supianti, I. I. (2018). Pemanfataan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran matematika. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), 63-70.

Supit, M. A., Pratasik, S., Kainde, Q. C., & Kumajas, S. (2021). PEMODELAN PROSES BISNIS DENGAN BUSINESS PROCESS MANAGEMENT NOTATION PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MANADO. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 630-640.

Umar, U. (2017). Media pendidikan: Peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131-144.

Wahyuni, A. T., & Rachmawati, R. (2019). Moda Transportasi Angkutan Kota Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 6(2), 147-162.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Pratasik, S., & Ahyar, B. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika MTS. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(3), 359-373. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5282