Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving untuk Peningkatan Hasil Belajar Pemodelan Perangkat Lunak Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5300Keywords:
Metode Problem Solving, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Bitung, pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes tertulis pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar permodelan perangkat lunak. Dari 28 siswa, pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89% yang tuntas. Hal ini jelas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, siklus II sudah memenuhi indikator pencapaian hasil belajar siswa.
References
Depdikbud. (2013). Kurikulum Pendidikan Dasar (Berdasarkan Suplemen 2013). Jakarta: Depdikbud.
Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar.
Haris, A., & Jihad, A. (2013). Evaluasi pembelajaran: Yogyakarta: Multi Pressindo. Achmad Rifa’I dan Chatarina Tri Anni. 2009, Psikol.
Harwati, R. (2012). PROBLEM-SOLVING LEARNING METHOD AND THE LEARNING MOTIVATION ON THE LEARNING ACHIEVEMENT IN MIDWIFERY CARE IV (PATHOLOGY) AT GIRI SATRIA HUSADA MIDWIFERY ACADEMY OF WONOGIRI. Jurnal Ilmu Kesehatan, 4(2).
Kambey, W. M., Santa, K., & Togas, P. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 195-208.
Liando, M. A. J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas IV SD GMIM Malola. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 193-204.
Nugroho, B. S. (2018). Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X IPA 2 di SMA YLPI Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.
Slameto, B. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah: Wawasan baru, beberapa metode pendukung, dan beberapa komponen layanan khusus.
Sutarmi, K., & Suarjana, I. M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 75-82.
Trianto, M. P. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep. Strategi dan Implementasinya.
Winarno, B. (2012). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok Yogyakarta. Jurnal Skripsi.