Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving untuk Peningkatan Hasil Belajar Pemodelan Perangkat Lunak Siswa SMK

Authors

  • Nirwan Abd Latif Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Djami Olii Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5300

Keywords:

Metode Problem Solving, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Bitung pada semester ganjil tahun ajaran 2020 2021 Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dilakukan sebanyak 2 siklus Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 28 orang Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes tertulis pilihan ganda Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar permodelan perangkat lunak Dari 28 siswa pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu rata rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89 yang tuntas Hal ini jelas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II Dengan demikian siklus II sudah memenuhi indikator pencapaian hasil belajar siswa < em>< p>

References

Depdikbud 2013 Kurikulum Pendidikan Dasar Berdasarkan Suplemen 2013 Jakarta: Depdikbud

Dimyati M 2006 Belajar dan pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik O 2006 Proses belajar mengajar

Haris A Jihad A 2013 Evaluasi pembelajaran: Yogyakarta: Multi Pressindo Achmad Rifa I dan Chatarina Tri Anni 2009 Psikol

Harwati R 2012 PROBLEM SOLVING LEARNING METHOD AND THE LEARNING MOTIVATION ON THE LEARNING ACHIEVEMENT IN MIDWIFERY CARE IV PATHOLOGY AT GIRI SATRIA HUSADA MIDWIFERY ACADEMY OF WONOGIRI Jurnal Ilmu Kesehatan 4 2

Kambey W M Santa K Togas P V 2021 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 195 208

Liando M A J 2022 Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik PMR pada Siswa Kelas IV SD GMIM Malola Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 193 204

Nugroho B S 2018 Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X IPA 2 di SMA YLPI Pekanbaru Doctoral dissertation Universitas Islam Riau

Sanjaya W 2011 Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan

Slameto B 2010 Faktor faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta

Suryosubroto B 1997 Proses Belajar Mengajar di Sekolah: Wawasan baru beberapa metode pendukung dan beberapa komponen layanan khusus

Sutarmi K Suarjana I M 2017 Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1 2 75 82

Trianto M P 2012 Model Pembelajaran Terpadu: Konsep Strategi dan Implementasinya

Winarno B 2012 Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok Yogyakarta Jurnal Skripsi

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving untuk Peningkatan Hasil Belajar Pemodelan Perangkat Lunak Siswa SMK. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(3), 374 385. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5300