Pengembangan Media Pembelajaran Tutorial Pada Mata Kuliah Animasi 3 Dimensi

Authors

  • Rivildy Joevinglie Gregorbermy Tanus Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Sondy Kumajas Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5307

Keywords:

Media Pembelajaran, Multimedia, MDLC, Video Tutorial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat Media Pembelajaran Tutorial Animasi 3 Dimensi untuk Perguruan Tinggi. Media pembelajaran yang dikembangkan berbasis multimedia dengan bentuk media pembelajaran pada mata kuliah animasi 3 dimensi (3D). Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran dalam bentuk video tutorial yang memperhatikan pewarnaan sebagai faktor utama pengembangan media pembelajaran. Adapun metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah multimedia development life cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahap: concept, design, material collection, assembly, testing dan distribution. Setelah dilakukan survey, uji ahli materi, dan uji ahli media terhadap penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan maka didapatkan hasil bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah layak digunakan dan diharapkan dapat membantu proses pembelajaran.

References

Afriansyah, H. (2019). Pengembangan model pembelajaran virtual (mpv) berbasis video e-learning moodle. Bahana manajemen pendidikan, 8(1), 1-7.

Andriani, S. (2016). Pengaruh motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Mayangan 6 kota probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10(1), 101-118.

Azriah, A. (2018). Peranan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Berbantuan Macromedia Flash Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Daya Ingat Dan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Jarak Dalam Ruang Untuk Sma Kelas XII. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 865-869.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Gilakjani, A. P. (2012). The Significant Role of Multimedia in Motivating EFL Learners' Interest in English Language Learning. International Journal of Modern Education & Computer Science, 4(4).

Heinich, R., Molenda, M., & Russell, J. D. (1993). Visual design. Instructional media and the new technologies of instruction.

Istiqlal, A. (2018). Manfaat media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139-144.

Kandouw, F. C., Kaparang, D. R., & Mewengkang, A. (2022). Implementasi aplikasi media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran animasi 2D dan 3D di SMK. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 77-89.

Luther, A. C. (1994). Authoring interactive multimedia. Academic Press Professional, Inc..

Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Buku Referensi untuk Guru, Mahasiswa dan Umum. Pustaka Abadi.

Mayer, R. E. (2003). The promise of multimedia learning: using the same instructional design methods across different media. Learning and instruction, 13(2), 125-139.

Nugent, J. S., Reardon, R. M., Smith, F. G., Rhodes, J. A., Zander, M. J., & Carter, T. J. (2008). Exploring faculty learning communities: Building connections among teaching, learning, and technology. International Journal of teaching and learning in Higher education, 20(1), 51-58.

Putri, A. D. S., & Kustini, I. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Video Tutorial Total Station Pada Mata Kuliah Pengukuran Sipat Datar Dan Praktikum Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2/JKPTB/18).

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.

Saroinsong, K. H., Pardanus, R. H. W., & Sojow, L. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN GRAFIS PERCETAKAN DI SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 251-267.

Suharsimi, A. (2006). metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Susanti, A. I. (2021). Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penerbit NEM.

Tyas, N. K. (2015). Penggunaan Video Tutorial untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer (STEKOM) Semarang. PIXEL: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 8(1), 158295.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Tanus, R. J. G., Sumual, H., & Kumajas, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tutorial Pada Mata Kuliah Animasi 3 Dimensi. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(3), 386-398. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5307