Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK

Authors

  • Kristianus Warawarin Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Daniel Riano Kaparang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5314

Keywords:

Student Team Achievement Division, Model Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD), terhadap hasil belajar SMK Negeri 1 kakas, pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan Quasi Eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini menggunakan 60 siswa kelas X SMK Negeri 1 Kakas yang terbagi dalam 2 kelas. Kelas X TKJ 1 sebagai kelas pembelajaran tipe STAD dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas pembelajaran tipe Jigsaw. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan data hasil pretest dan posstest. Berdasarkan kesimpulan hasil belajar pada mata pelajaran Komputer dan jaringan dasar siswa yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh nilai rata – rata 44,5 menjadi 81,66 sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diperoleh nilai rata – rata sebesar 45,6 menajadi 83,33, terhadap hasil belajar computer dan jaringan dasar di SMK Negeri 1 Kakas.

References

Ariani, T., & Agustini, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 1(2), 65-77.

Abdullah, R. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran kimia di madrasah aliyah. Lantanida journal, 5(1), 13-28.

Asmawati, L. (2008). Pengelolaan kegiatan pengembangan anak usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka, 24-25.

Karangan, K. F., Kembuan, O., & Togas, P. V. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMUNIKASI DATA SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 641-645.

Majid, A., & Rohman, C. (2015). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi K3. Bandung: Rosmant.

Rorong, Z. H. G., Manoppo, C. T. M., & Takaredase, A. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 484-492.

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.

Slavin, R. E. (2011). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik (Indonesian Version). Zubaedi dan N. Yusron, Transl.). Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suharsimi, A. (2006). metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri Cipta Media.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Warawarin, K., Kaparang, D. R., & Waworuntu, J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(3), 412-425. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5314