Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK

Authors

  • Kristianus Warawarin Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Daniel Riano Kaparang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5314

Keywords:

Student Team Achievement Division, Model Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions STAD terhadap hasil belajar SMK Negeri 1 kakas pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan Quasi Eksperiment dengan pendekatan kuantitatif Responden dalam penelitian ini menggunakan 60 siswa kelas X SMK Negeri 1 Kakas yang terbagi dalam 2 kelas Kelas X TKJ 1 sebagai kelas pembelajaran tipe STAD dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas pembelajaran tipe Jigsaw Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan data hasil pretest dan posstest Berdasarkan kesimpulan hasil belajar pada mata pelajaran Komputer dan jaringan dasar siswa yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh nilai rata rata 44 5 menjadi 81 66 sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diperoleh nilai rata rata sebesar 45 6 menajadi 83 33 terhadap hasil belajar computer dan jaringan dasar di SMK Negeri 1 Kakas < em>< p>

References

Ariani T Agustini D 2018 Model Pembelajaran Student Team Achievement Division STAD dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament TGT : Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika SPEJ Science and Physic Education Journal 1 2 65 77

Abdullah R 2017 Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran kimia di madrasah aliyah Lantanida journal 5 1 13 28

Asmawati L 2008 Pengelolaan kegiatan pengembangan anak usia dini Jakarta: Universitas Terbuka 24 25

Karangan K F Kembuan O Togas P V 2021 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMUNIKASI DATA SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 6 641 645

Majid A Rohman C 2015 Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi K3 Bandung: Rosmant

Rorong Z H G Manoppo C T M Takaredase A 2021 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 484 492

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96

Slavin R E 2011 Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik Indonesian Version Zubaedi dan N Yusron Transl Bandung: Nusa Media

Sudjana N 2009 Penilaian hasil belajar mengajar Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono D 2013 Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif dan R D

Suharsimi A 2006 metodelogi Penelitian Yogyakarta: Bina Aksara

Wibowo H 2020 Pengantar Teori teori belajar dan Model model pembelajaran Puri Cipta Media

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(3), 412 425. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5314