Penerapan Mmetode Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Grafis Percetakan Siswa SMK

Authors

  • Valentino Rogerio Pieter Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5338

Keywords:

Metode Pembelajaran Demonstrasi, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar desain grafis percetakan siswa kelas XI SMK Negeri 2 Manado Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Manado dengan melibatkan 15 siswa kelas XI sebagai objek penelitian Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dilakukan sebanyak 2 siklus Dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar desain grafis percetakan Dari 15 siswa pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu rata rata hasil belajar siswa pada siklus 1 terdapat 9 orang siswa 60 yang sudah tuntas dan 6 siswa 40 yang belum tuntas pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 14 siswa 94 yang sudah tuntas dan 1 orang siswa 6 yang belum tuntas Kesimpulan penelitian yaitu metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar desain grafis percetakan siswa kelas XI SMK Negeri 2 Manado < em>< p>

References

Bahri D S Zain A 2002 Strategi Belajar Mengajar Cet II Jakarta: PT Renaka Cipta Djamarah S B Zain A 2006 Strategi belajar mengajar Jakarta: Rineka Cipta 46

Depdikbud 2013 Kurikulum Pendidikan Dasar Berdasarkan Suplemen 2013 Jakarta: Depdikbud

Dimyati M 2006 Belajar dan pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta

Ghufron M N Suminta R R 2012 Gaya belajar: Kajian teoritik

Hamalik O 2006 Proses belajar mengajar

Hanafy M S 2014 Konsep belajar dan pembelajaran Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 17 1 66 79

Haris A Jihad A 2013 Evaluasi pembelajaran: Yogyakarta: Multi Pressindo Achmad Rifa I dan Chatarina Tri Anni 2009 Psikol

Nahdi D S Yonanda D A Agustin N F 2018 Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Jurnal Cakrawala Pendas 4 2

Pane A Dasopang M D 2017 Belajar dan pembelajaran Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu Ilmu Keislaman 3 2 333 352

Putra W Udin S 1997 Strategi belajar mengajar Jakarta: Depdikbud

Rumini S Purwanto E Purwandari M S Suharmini T Si M Ayriza Y 2003 Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya

Sangeroki N G Kaparang D R Rompas P T D 2022 Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 3 319 331

Sudjana N 2010 Cara Belajar Siswa Belajar Aktif dalam Proses Belajar Mengajar Sinar Baru Algensindo

Trianto M P 2012 Model Pembelajaran Terpadu: Konsep Strategi dan Implementasinya

Winarno B 2012 Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok Yogyakarta Jurnal Skripsi

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Penerapan Mmetode Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Grafis Percetakan Siswa SMK. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(3), 426 437. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5338