Penerapan Mmetode Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Grafis Percetakan Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5338Keywords:
Metode Pembelajaran Demonstrasi, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar desain grafis percetakan siswa kelas XI SMK Negeri 2 Manado. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Manado dengan melibatkan 15 siswa kelas XI sebagai objek penelitian. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar desain grafis percetakan. Dari 15 siswa, pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 terdapat 9 orang siswa (60%) yang sudah tuntas dan 6 siswa (40%) yang belum tuntas, pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 14 siswa (94%) yang sudah tuntas dan 1 orang siswa (6%) yang belum tuntas. Kesimpulan penelitian yaitu metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar desain grafis percetakan siswa kelas XI SMK Negeri 2 Manado.
References
Bahri, D. S., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar Cet. II. Jakarta: PT Renaka Cipta. Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46.
Depdikbud. (2013). Kurikulum Pendidikan Dasar (Berdasarkan Suplemen 2013).Jakarta: Depdikbud.
Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2012). Gaya belajar: Kajian teoritik.
Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.
Haris, A., & Jihad, A. (2013). Evaluasi pembelajaran: Yogyakarta: Multi Pressindo. Achmad Rifa’I dan Chatarina Tri Anni. 2009, Psikol.
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2).
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Putra, W., & Udin, S. (1997). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Rumini, S., Purwanto, E., Purwandari, M. S., Suharmini, T., Si, M., & Ayriza, Y. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.
Sangeroki, N. G., Kaparang, D. R., & Rompas, P. T. D. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 319-331.
Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Belajar Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
Trianto, M. P. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep. Strategi dan Implementasinya.
Winarno, B. (2012). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok Yogyakarta. Jurnal Skripsi.