Pengaruh Peran Orang Tua dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK

Authors

  • Angga Saputra Gonibala Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Keith Francis Ratumbuisang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5810

Keywords:

Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh peran orang tua dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan metode pengumpulan data berupa metode dokumentasi dan angket dengan cara menyebarkan angket atau pernyataan yang kemudian diisi oleh siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Bolaang sebanyak 71 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara Bersama-sama variabel peran orang tua dan motivasi memberikan sumbangan sebesar 83.7% terhadap prestasi belajar, sedangkan sumbangan sebesar 16.3% diberikan variable-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian pendekatan praktik. edisi revisi VI. Rineka Cipta.

Astuti, E. S. (2010). Pengertian motivasi belajar. Bandung: Nusa Media.

Bahri, D. S. (1994). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Dwiningrum, S. I. A. (2014). Modal sosial dalam pengembangan pendidikan (perspektif teori dan praktik). Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Hadi, A. (2016). Nilai-nilai pendidikan keluarga dalam UU No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak. An-Nisa, 9(2), 101121.

Lestari, R. D. (2012). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakrta).

Lumbantobing, W. L., & Purnasari, P. D. (2021). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Disiplin Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Selama Pandemi Di Wilayah Perbatasan. Sebatik, 25(2), 555-561.

Mamuaja, M. P., Tambingon, H. N., Rotty, V. N. J., & Pratasik, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 4458-4469.

Mawarsih, S. E., & Hamidi, N. (2013). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sma negeri jumapolo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3).

Rahman, A. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(02), 171-180.

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi & motivasi belajar mengajar.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukaesih, C. (2012). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SDN Limusnuggal 01 Kecamatan Cieungsi Kabupaten Bogor. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Syah, M. (2008). Prestasi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, H. B. (2021). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Gonibala, A. S., Sumual, H., Liando, O. E. S., & Ratumbuisang, K. F. (2022). Pengaruh Peran Orang Tua dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 490-504. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5810