Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Siswa SMP

Authors

  • Jobellium Tesar Gustaf Endoh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Charnila Desria Heydemans Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5811

Keywords:

Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Research and Development

Abstract

Media Pembelajaran yang menarik akan mempengaruhi prestasi pada pelajar atau peserta didik. Tiap tahun teknologi Komputer semakin maju yang artinya dapat menaikan mutu Pendidikan jika teknologi Komputer digunakan sebagai Media Pembelajaran. Dilakukannya penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini bertujuan untuk membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar terlebih khusus pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dalam Penelitian ini saya menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D). Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil yang baik, lalu dari hasil tersebut Peneliti mengambil kesimpulan bahwa aplikasi Media Pembelajarn berbasis multimedia interaktif sudah sesuai dengan tujuan penelitian dan sudah layak digunakan atau di pakai dalam proses belajar mengajar.

References

Djamen, A. C., Rompas, P. T. D., & Ratumbanua, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(1), 65-76.

Haryono AD. (2015). Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepakbola Universitas Mulawarman Berbasis Web. J. Inform. Mulawarman, 10(2), 46-50.

Irsyadi, F. Y., & Nugroho, Y. S. (2015). Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh Dan Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect. Prosiding Snatif, 13-20.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mandey, L., Tambingon, H., Rotty, V. N., & Pratasik, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Prakarya Untuk Siswa Kelas VII SMP Advent Unklab. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 168-176.

Munir. (2015). The use of multimedia learning resource sharing (MLRS) in developing sharing knowledge at schools. International Journal of Multimedia and Ubiquitous Engineering, 10(9), 61-68.

Paus, J., Pratasik, S., Ticoh, J. D., Mege, R. A., Pangandaheng, M., & Mangore, E. (2022). PKM Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Berbasis Pendidikan Life Skills Usaha Tani-Ternak Terintegrasi pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kabaruan Talaud. Jurnal Pengabdi, 5(2).

Pratasik, S., & Ahyar, B. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika MTS. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 359-373.

Rurut, M., Waworuntu, J., & Komansilan, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 212-223.

Wibisono, M. Y. (2015). Pengembangan Bahan ajar Pranata Sosial Untuk siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 9(3).

Zainiyati. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Endoh, J. T. G., Rompas, P. T. D., & Heydemans, C. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Siswa SMP. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 505-517. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5811