Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK

Authors

  • Gregorio Ronald Rumimpunu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Rudy Harijadi Wibowo Pardanus Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5812

Keywords:

Think Pair Share, Hasil belajar, Komputer, Jaringan Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Think Pair Share terhadap hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar siswa X Multimedia SMK Negeri 1 Motoling Timur. Rancangan perelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu jenis Non Equivalent Control Group Desain. Kelas X2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share dan X1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvesional. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berbentuk tes hasil belajar komputer dan jaringan dasar, Teknik analisi menggunakan tes kesamaan dua rata-rata atau t-test. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar siswa kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Motoling Timur.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Prenada Media.

Bahri, D. S. (1994). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, N. F. (2021). Pengaruh Modalitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Negeri. In Prosiding Seminar Nasional MIPATI (Vol. 1, No. 1).

Karisoh, B. I., Kaparang, D. R., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Teknik Animasi 2D Dan 3D Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 297-306.

Lie, A. (2002). Cooperative learning (cover baru). Grasindo.

Mamuaja, M. P., Tambingon, H. N., Rotty, V. N. J., & Pratasik, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 4458-4469.

Puspitasari, E., Setyosari, P., & Amirudin, A. (2016). Peningkatan motivasi dan hasil belajar melalui think pair share (TPS) di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1432-1436.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sutirman, M. P. (2013). Media dan model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 3(2).

Zubaedi, Z. (2011). Desain pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media Gru.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Rumimpunu, G. R., Pardanus, R. H. W., & Waworuntu, J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 518-531. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5812