Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5812Keywords:
Think Pair Share, Hasil belajar, Komputer, Jaringan DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Think Pair Share terhadap hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar siswa X Multimedia SMK Negeri 1 Motoling Timur Rancangan perelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu jenis Non Equivalent Control Group Desain Kelas X2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share dan X1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvesional Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berbentuk tes hasil belajar komputer dan jaringan dasar Teknik analisi menggunakan tes kesamaan dua rata rata atau t test Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar siswa kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Motoling Timur < em>< p>
References
Al Tabany T I B 2017 Mendesain model pembelajaran inovatif progresif dan konteksual Prenada Media
Bahri D S 1994 Prestasi belajar dan kompetensi guru Surabaya: Usaha Nasional
Dimyati M 2006 Belajar dan pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta
Handayani N F 2021 Pengaruh Modalitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Negeri In Prosiding Seminar Nasional MIPATI Vol 1 No 1
Karisoh B I Kaparang D R Takaredase A 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Teknik Animasi 2D Dan 3D Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 297 306
Lie A 2002 Cooperative learning cover baru Grasindo
Mamuaja M P Tambingon H N Rotty V N J Pratasik S 2022 Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon Jurnal Pendidikan dan Konseling JPDK 4 5 4458 4469
Puspitasari E Setyosari P Amirudin A 2016 Peningkatan motivasi dan hasil belajar melalui think pair share TPS di sekolah dasar Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan 1 7 1432 1436
Sugiyono D 2013 Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif dan R D
Sutirman M P 2013 Media dan model model Pembelajaran Inovatif Yogyakarta: Graha Ilmu 3 2
Zubaedi Z 2011 Desain pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan Jakarta: Kencana Predana Media Gru
