Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK

Authors

  • Stevi Mainti Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Agustinus Takaredase Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5816

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran

Abstract

Keberhasilan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar ditentukan oleh cara guru mengajar dan menerapkan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan mata Pelajaran yang di ajarkan. Sehingga siswa dapat mengerti dan memahami materi yang di ajarkan oleh guru dan otomatis hasil belajar meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk siswa agar dapat memahami materi yang di ajarkan serta dapat memecahkan masalah dalam pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar, guru dan siswa saling berkontribusi dalam pemecahan masalah dan tentunya melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah ini hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar siswa SMK Negeri 1 Kakas dapat meningkat dari sebelumnya. Peneliti ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 Siklus. Hasil yang peneliti peroleh adalah hasil belajar meningkat dapat dilihat dari: Siklus I dengan presentase ketuntasan belajar siswa 45.83% dan meningkat pada Siklus II dengan presentase ketuntasan belajar siswa 91.67% sehingga penelitian dikatakan berhasil karena hasil belajar meningkat.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian tindakan kelas. Bumi aksara, 136(2), 2-3.

Barrett, T., & Moore, S. M. (2011). New approaches to problem-based learning. New York: Routledge.

Bidarra, J., & Rusman, E. (2017). Towards a pedagogical model for science education: bridging educational contexts through a blended learning approach. Open Learning: the journal of open, distance and e-learning, 32(1), 6-20.

Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar.

Kambey, W. M., Santa, K., & Togas, P. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 195-208.

Mamuaya, G. S. R., Sumual, H., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 350-363.

Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.

Schmidt, H. G., Cohen‐Schotanus, J., & Arends, L. R. (2009). Impact of problem‐based, active learning on graduation rates for 10 generations of Dutch medical students. Medical education, 43(3), 211-218.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Mainti, S., Mewengkang, A., & Takaredase, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 555-564. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5816