Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5816Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, Model PembelajaranAbstract
Keberhasilan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar ditentukan oleh cara guru mengajar dan menerapkan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan mata Pelajaran yang di ajarkan Sehingga siswa dapat mengerti dan memahami materi yang di ajarkan oleh guru dan otomatis hasil belajar meningkat Penelitian ini bertujuan untuk siswa agar dapat memahami materi yang di ajarkan serta dapat memecahkan masalah dalam pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar guru dan siswa saling berkontribusi dalam pemecahan masalah dan tentunya melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah ini hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar siswa SMK Negeri 1 Kakas dapat meningkat dari sebelumnya Peneliti ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 Siklus Hasil yang peneliti peroleh adalah hasil belajar meningkat dapat dilihat dari: Siklus I dengan presentase ketuntasan belajar siswa 45 83 dan meningkat pada Siklus II dengan presentase ketuntasan belajar siswa 91 67 sehingga penelitian dikatakan berhasil karena hasil belajar meningkat < em>< p>
References
Arikunto S 2006 Prosedur penelitian tindakan kelas Bumi aksara 136 2 2 3
Barrett T Moore S M 2011 New approaches to problem based learning New York: Routledge
Bidarra J Rusman E 2017 Towards a pedagogical model for science education: bridging educational contexts through a blended learning approach Open Learning: the journal of open distance and e learning 32 1 6 20
Hamalik O 2006 Proses belajar mengajar
Kambey W M Santa K Togas P V 2021 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 195 208
Mamuaya G S R Sumual H Togas P V 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 350 363
Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha
Schmidt H G Cohen Schotanus J Arends L R 2009 Impact of problem based active learning on graduation rates for 10 generations of Dutch medical students Medical education 43 3 211 218
Sudjana N 2010 Penilaian hasil proses belajar mengajar
Sumantri M S 2015 Strategi pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar
