Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Operasi di Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Authors

  • Yesicha Puspitasari Palar Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5818

Keywords:

Mobile Learning, Android, MDLC

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan aplikasi mobile learning yang dapat diakses melalui android pada mata kuliah sistem operasi untuk mahasiswa di Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu Concept (Konsep), Design (Perancangan), Obtaining Content Material (Pengumpulan Bahan), Assembly (Pembuatan), Testing (pengujian), dan Distribution (pendistribusian. Media pembelajaran dibuat dengan Software Adobe Animate CC 2019. Hasil pengujian diperoleh bahwa media pembelajaran berbasis android ini layak digunakan dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar yang menarik untuk membantu mahasiswa dalam proses belajar.

References

Andy, Y. (2007). Perancangan dan Implementasi Mobile Learning untuk Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Brew. Bandung: STEI ITB.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital, Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Calimag, J. N., Mugel, P. A., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubquitous learning environment using android mobile application. International Journal of Research in Engineering & Technology, 2(2), 119-128.

Chuang, T. Y. & Chen, W. F., (2007). Affect of digital games on children's cognitive achievement. Journal of Multimedia, 2(5) 27-30.

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Makapedua, C. S., Wonggo, D., & Komansilan, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berbasis Augmented Reality Untuk Anak Usia Dini. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 364-377.

Muiz, A. (2014). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Jquery Mobile untuk Mata Kuliah Fotografi Pembelajaran di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Indonesian Journal of Curiculum and Education Technology Studdies. 2(1), 1-8.

Pambudi, R. D. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Equilibria Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 6(2), 56-64.

Pratasik, S., & Ahyar, B. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika MTS. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 359-373.

Purwantoro, S. Rahmawati, H. & Tharmizi, A. (2013). Perangkat Pencarian Objek Wisata Pekanbaru Menggunakan Location Base Service Berbasis Android. Jurnal Politeknik Caltex Riau, Volume 1, p. 177.

Sadiman, A. S. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Satyaputra, A. & Aritonang, E. M. (2016). Let’s Build Your Android Apps with Android Studio. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Soeparno. (1988). Media Pembelajaran Bahasa. Jakarta: PT. Intan Pariwara.

Wijaya, S. W. (2007). Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Alternatif Bagi Pemulihan Pendidikan Di Daerah Bencana Alam Gempa Bumi Yogyakarta. Jurusan Teknik Informatika, Univ. Sanata Darma.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Palar, Y. P., & Liando, O. E. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Operasi di Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 565-574. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5818