Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Mobile di SMK

Authors

  • Riskawati Mooduto Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Arje Cerullo Djamen Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5822

Keywords:

Media Pembelajaran, mobile, MDLC

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile dalam mata pelajaran bahasa indonesia di SMK Anugrah Tondano yang memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Media Pembelajaran dapat membantu proses belajar siswa dalam proses mengajar yang pada gilirannya dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk membuat Media Pembelajaran Bahasa Indonesia yang dapat membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Media Pembelajaran ini menggunakan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan enam tahapan yaitu: Pertama Konsep (concept), Kedua Perancangan (Design), Ketiga Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Keempat Pembuatan (Assembly), Kelima Pengujian (Testing), dan Distribusi (Distribution). Hasil Penelitian ini menunjukkan tahap-tahap proses pembuatan aplikasi Media Pembelajaran. Yang nantinya Media Pembelajaran ini, dapat membantu siswa dalam belajar Bahasa Indonesia dan juga membantu guru dalam proses mengajar. Adanya Media Pembelajaran ini diharapkan dapat membantu proses belajar mengajar Bahasa Indonesia.

References

Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan mobile learning bagi pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97-101.

Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran mobile learning sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran di sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 47-56.

Behera, S. K. (2013). E-and M-Learning: A comparative study. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(3), 65-78.

Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran blended learning berbasis edmodo pada mata kuliah fisika dasar di program studi pendidikan IPA. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 19-33.

Maun, R. T., Togas, P. V., & Pratasik, S. (2022). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Kristen 3 Tomohon. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 438-448.

Nasution, M. I. P. (2016). Strategi pembelajaran efektif berbasis mobile learning pada sekolah dasar. Jurnal Iqra, 10(01).

Rurut, M., Waworuntu, J., & Komansilan, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 212-223.

Setiawan, V. (2020). Perancangan Simulasi Pengenalan Keselamatan Transportasi Pesawat Terbang Menggunakan Animasi 2D Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle (Doctoral dissertation, Universitas Internasional Batam).

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.

Tukan, M. C., Palilingan, V. R., & Rianto, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 233-246.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan pemrograman multimedia pembelajaran interaktif. Cerdas Ulet Kreatif Publisher.

Wibowo, E. A., & Arifudin, R. (2016). Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android. Unnes Journal of Mathematics, 5(2), 108-117.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Mooduto, R., Djamen, A. C., & Liando, O. E. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Mobile di SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 575-584. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5822