Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK

Authors

  • Veren Anggita Anjeli Donsu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Rudy Harijadi Wibowo Pardanus Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5825

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Simulasi dan Komunikasi Digital

Abstract

Dilaksanakannya penelitian tindakan kelas ini di latar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar simulasid dan komunikasi digital pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Ranoyapo penyebab utamanya adalah karena penggunaan model pembelajaran konvensional yang terlalu monoton Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital siswa pada pokok bahasan penggunaan aplikasi presentasi Microsoft Powerpoint dan Teknik Presentasu Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember tahun 2019 di kelas X jurusan TKJ SMK Negeri 1 Ranoyapo Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK dengan dua siklus yang masing masing siklus terdiri dari empat pertemuan Setiap siklus terdiri dari rencana tindakan peaksanaan tindakan obserfasi dan refleksi Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital siswa dari penerapan di siklus yang pertama sampai penerapan pada siklus yang kedua Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital < em>< p>

References

Arikunto 2011 Dasar dasar evaluasi pendidikan Edisi 2 Jakarta: Bumi Aksara

Feladi V 2021 Pengaruh Fasilitas Laboratorium dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara 1 1 69 81

Hasyim R Kamisi M 2021 Pelatihan Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Implementasi Merdeka Belajar dan Belajar di Rumah Bagi Guru Guru MGMP PPKN Se Kota Ternate Jurnal Geocivic 4 2 26 36

Kaawoan B P Mintjelungan M M Rompas P T D 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Jaringan Dasar Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 6 659 664

Kambey W M Santa K Togas P V 2021 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 195 208

Mamuaja M P Tambingon H N Rotty V N J Pratasik S 2022 Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon Jurnal Pendidikan dan Konseling JPDK 4 5 4458 4469

Mudjiono D 2010 Belajar dan pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta

Ngangilum 2014 Strategi dan model pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta

Prasetya S P 2014 Memfasiltasi pembelajaran berpusat pada siswa Jurnal Geografi 12 1 1 12

Rusman 2012 Belajar dan pembelajaran berbasis komputer Mengembangkan profesionalisme adab 21 Bandung: Alfabeta

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96

Sujatmika S 2016 Pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar dan kemandirian Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora 2 1

Wijaya I D Astuti E S Prasetyo A 2016 Simulasi pembelajaran penanganan kebakaran hutan berbasis android SENTIA 2016 8 1

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 585 593. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5825