Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5825Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Simulasi dan Komunikasi DigitalAbstract
Dilaksanakannya penelitian tindakan kelas ini di latar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar simulasid dan komunikasi digital pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Ranoyapo, penyebab utamanya adalah karena penggunaan model pembelajaran konvensional yang terlalu monoton. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital siswa pada pokok bahasan penggunaan aplikasi presentasi Microsoft Powerpoint dan Teknik Presentasu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember tahun 2019 di kelas X jurusan TKJ SMK Negeri 1 Ranoyapo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat pertemuan. Setiap siklus terdiri dari rencana tindakan, peaksanaan tindakan, obserfasi dan refleksi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital siswa dari penerapan di siklus yang pertama sampai penerapan pada siklus yang kedua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital.
References
Arikunto. (2011). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.
Feladi, V. (2021). Pengaruh Fasilitas Laboratorium dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital. JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara, 1(1), 69-81.
Hasyim, R., & Kamisi, M. (2021). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Implementasi Merdeka Belajar dan Belajar di Rumah Bagi Guru-Guru MGMP PPKN Se-Kota Ternate. Jurnal Geocivic, 4(2), 26-36.
Kaawoan, B. P., Mintjelungan, M. M., & Rompas, P. T. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Jaringan Dasar Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 659-664.
Kambey, W. M., Santa, K., & Togas, P. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 195-208.
Mamuaja, M. P., Tambingon, H. N., Rotty, V. N. J., & Pratasik, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 4458-4469.
Mudjiono, D. (2010). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ngangilum. (2014). Strategi dan model pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Prasetya, S. P. (2014). Memfasiltasi pembelajaran berpusat pada siswa. Jurnal Geografi, 12(1), 1-12.
Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer (Mengembangkan profesionalisme adab 21). Bandung: Alfabeta.
Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.
Sujatmika, S. (2016). Pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar dan kemandirian. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1).
Wijaya, I. D., Astuti, E. S., & Prasetyo, A. (2016). Simulasi pembelajaran penanganan kebakaran hutan berbasis android. SENTIA 2016, 8(1).