Penerapan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK

Authors

  • Andre Karol Pangemanan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Mario Tulenan Parinsi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5828

Keywords:

Blended Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui apakah Penerapan Pembelajaran Blended Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon Jenis penelitian yang digunakan oleh Peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas action class room nbsp;Dalam prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus mempunyai 4 tahapan yaitu: perencanaan planning tindakan action observasi observe refkelsi reflection hasil ketuntasan belajar siswa sudah mencapai standar yang ditetapkan yaitu diatas 85 Hasil ini dapat dikatakan berhasil karena berdasarkan hasil pengamatan selama kegiatan pembelajaran di Siklus II ini sebagian besar siswa sudah lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran < em>< p>

References

Arikunto S 2021 Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi Bumi Aksara

Harefa D 2020 Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan Geography: Jurnal Kajian Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 8 1 01 18

Indahini R S Sulton S Husna A 2018 Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 1 2 141 148

Prasetya M A 2015 E learning sebagai sebuah inovasi metode active learning Edukasia: Jurnal penelitian pendidikan islam 10 2

Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha

Rusman 2012 Model Model Pembelajaran Depok: PT RajaGrafindo Persada

Rusman 2010 Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Jakarta: Rajagrafindo

Sondey M M P Liando O E S Palilingan V R 2021 HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 83 89

Sudjana N 2006 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Penerapan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. (2025). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 98 104. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5828