Penerapan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5828Keywords:
Blended Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui apakah Penerapan Pembelajaran Blended Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon Jenis penelitian yang digunakan oleh Peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas action class room nbsp;Dalam prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus mempunyai 4 tahapan yaitu: perencanaan planning tindakan action observasi observe refkelsi reflection hasil ketuntasan belajar siswa sudah mencapai standar yang ditetapkan yaitu diatas 85 Hasil ini dapat dikatakan berhasil karena berdasarkan hasil pengamatan selama kegiatan pembelajaran di Siklus II ini sebagian besar siswa sudah lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran < em>< p>
References
Arikunto S 2021 Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi Bumi Aksara
Harefa D 2020 Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan Geography: Jurnal Kajian Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 8 1 01 18
Indahini R S Sulton S Husna A 2018 Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 1 2 141 148
Prasetya M A 2015 E learning sebagai sebuah inovasi metode active learning Edukasia: Jurnal penelitian pendidikan islam 10 2
Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha
Rusman 2012 Model Model Pembelajaran Depok: PT RajaGrafindo Persada
Rusman 2010 Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Jakarta: Rajagrafindo
Sondey M M P Liando O E S Palilingan V R 2021 HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 83 89
Sudjana N 2006 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya
