Penerapan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK

Authors

  • Andre Karol Pangemanan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Mario Tulenan Parinsi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5828

Keywords:

Blended Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui apakah Penerapan Pembelajaran Blended Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon. Jenis penelitian yang digunakan oleh Peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action class room).  Dalam prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus mempunyai 4 tahapan, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observe), refkelsi (reflection). hasil ketuntasan belajar siswa sudah mencapai standar yang ditetapkan yaitu diatas 85%. Hasil ini dapat dikatakan berhasil karena berdasarkan hasil pengamatan selama kegiatan pembelajaran di Siklus II ini, sebagian besar siswa sudah lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.

References

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 01-18.

Indahini, R. S., Sulton, S., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141-148.

Prasetya, M. A. (2015). E-learning sebagai sebuah inovasi metode active learning. Edukasia: Jurnal penelitian pendidikan islam, 10(2).

Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.

Rusman. (2012). Model - Model Pembelajaran . Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo.

Sondey, M. M. P., Liando, O. E. S., & Palilingan, V. R. (2021). HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 83-89.

Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Pangemanan, A. K., Mewengkang, A., & Parinsi, M. T. (2022). Penerapan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 603-609. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5828