Penerapan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5828Keywords:
Blended Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui apakah Penerapan Pembelajaran Blended Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon. Jenis penelitian yang digunakan oleh Peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action class room). Dalam prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus mempunyai 4 tahapan, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observe), refkelsi (reflection). hasil ketuntasan belajar siswa sudah mencapai standar yang ditetapkan yaitu diatas 85%. Hasil ini dapat dikatakan berhasil karena berdasarkan hasil pengamatan selama kegiatan pembelajaran di Siklus II ini, sebagian besar siswa sudah lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.
References
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 01-18.
Indahini, R. S., Sulton, S., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141-148.
Prasetya, M. A. (2015). E-learning sebagai sebuah inovasi metode active learning. Edukasia: Jurnal penelitian pendidikan islam, 10(2).
Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.
Rusman. (2012). Model - Model Pembelajaran . Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo.
Sondey, M. M. P., Liando, O. E. S., & Palilingan, V. R. (2021). HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 83-89.
Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.