Persepsi Siswa Dalam Pembelajaran Daring di SMK

Authors

  • Gilbert Watae Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5829

Keywords:

Pembelajaran Daring, Persepsi Siswa, Survei

Abstract

Dikarenakan mewabahnya virus corona di Indonesia saat ini, kegiatan pembelajaran dilakukan secara online untuk mencegah penyebaran Covid-19. Seperti yang terjadi di SMK N 2 Tondano, Siswa memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dalam menghadapi perubahan baru yang berdampak tidak langsung penyerapan pembelajaran secara teori dan praktik. Dalam hal ini kesadaran siswa akan era digital akan meningkat dan diperlukan survei kesadaran siswa di SMKN2 Tondano. Survei ini merupakan bagian dari survei deskriptif kuantitatif terhadap persepsi siswa terhadap pembelajaran online di SMKN2 Tondano. Survei menggunakan metode one-shot, dan kuesioner survei berbentuk skala Likert. Hasil data persepsi siswa terhadap pembelajaran online di SMK N 2 Tondano menunjukkan bahwa pembelajaran online diterima dengan sangat baik oleh sebagian besar siswa. Oleh karena itu, penerapan pembelajaran online saat ini sangat efektif untuk hasil belajar siswa di SMK N2 Tondano.

References

Arikunto, S. (2010). Research methods. Jakarta: Rineka Cipta.

Rakhmat, J. (2011). Psikologi komunikasi.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum, Edisi Revisi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sugihartono, F. K., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta.

Hamalik, O. (2010). Media pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.

Mulyaningsih, F. (2009). Inovasi model pembelajaran pendidikan jasmani untuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 6, Nomor 1.

Muktiani, N, R. (2014). Identifikasi kesulitan belajar dasar gerak pencak silat pada mahasiswa PJKR bersubsidi di FIK UNY. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 10, Nomor 1.

Dewi, W, A, F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2 Nomor 1, hlm 55-61.

Syah, R, H. (2020) Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial Dan Budaya-17 (5).

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Watae, G., Mewengkang, A., & Liando, O. E. S. (2022). Persepsi Siswa Dalam Pembelajaran Daring di SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 610-614. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5829