Persepsi Siswa Dalam Pembelajaran Daring di SMK

Authors

  • Gilbert Watae Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5829

Keywords:

Pembelajaran Daring, Persepsi Siswa, Survei

Abstract

Dikarenakan mewabahnya virus corona di Indonesia saat ini kegiatan pembelajaran dilakukan secara online untuk mencegah penyebaran Covid 19 Seperti yang terjadi di SMK N 2 Tondano Siswa memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dalam menghadapi perubahan baru yang berdampak tidak langsung penyerapan pembelajaran secara teori dan praktik Dalam hal ini kesadaran siswa akan era digital akan meningkat dan diperlukan survei kesadaran siswa di SMKN2 Tondano Survei ini merupakan bagian dari survei deskriptif kuantitatif terhadap persepsi siswa terhadap pembelajaran online di SMKN2 Tondano Survei menggunakan metode one shot dan kuesioner survei berbentuk skala Likert Hasil data persepsi siswa terhadap pembelajaran online di SMK N 2 Tondano menunjukkan bahwa pembelajaran online diterima dengan sangat baik oleh sebagian besar siswa Oleh karena itu penerapan pembelajaran online saat ini sangat efektif untuk hasil belajar siswa di SMK N2 Tondano < em>< p>

References

Arikunto S 2010 Research methods Jakarta: Rineka Cipta

Rakhmat J 2011 Psikologi komunikasi

Walgito B 2010 Pengantar Psikologi Umum Edisi Revisi Yogyakarta: CV Andi Offset

Slameto 2013 Belajar dan Faktor faktor yang mempengaruhinya Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugihartono F K Harahap F Setiawati F A Nurhayati S R 2007 Psikologi Pendidikan Yogyakarta

Hamalik O 2010 Media pendidikan Bandung: Penerbit Alumni

Mulyaningsih F 2009 Inovasi model pembelajaran pendidikan jasmani untuk Penelitian Tindakan Kelas PTK Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 6 Nomor 1

Muktiani N R 2014 Identifikasi kesulitan belajar dasar gerak pencak silat pada mahasiswa PJKR bersubsidi di FIK UNY Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 10 Nomor 1

Dewi W A F 2020 Dampak Covid 19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 Nomor 1 hlm 55 61

Syah R H 2020 Dampak Covid 19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah Keterampilan Dan Proses Pembelajaran Jurnal Sosial Dan Budaya 17 5

Siahaan M 2020 Dampak pandemi Covid 19 terhadap dunia pendidikan Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Dunia Pendidikan 20 2

Sugiyono 2018 Metode Penelitian Kuantitatif Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Persepsi Siswa Dalam Pembelajaran Daring di SMK. (2025). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 93 97. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5829