Pengembangan Web Enhanced Learning pada Mata Pelajaran Komputer Grafis di SMK

Authors

  • Ronaldo Turang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Made Krisnanda Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Mario Tulenan Parinsi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5848

Keywords:

Enhanced Learning, E-Learning, Wordpress

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk dapat membangun dan mengembangkan sebuah Web Enhanced Learning yang dapat digunakan oleh pihak sekolah dan guru di SMK Negeri 3 Tondano sebagai tempat pembelajaran alternatif berbasis website untuk menunjang peningkatan dari kualitas pembelajaran dikelas serta dapat mendukung pada proses pembelajaran daring yang harus dilakukan oleh guru dan siswa dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi pada saat ini. Dalam proses pengembangan Web Enhanced Learning menggunakan metode pengembangan Waterfall. Dari proses pengembangan yang telah dilakukan, diperoleh hasil yang baik, lalu dari hasil tersebut Peneliti mengambil kesimpulan bahwa web yang telah dibangun dapat berjalan dengan baik dan telah diuji menggunakan metode black-box oleh pengguna yaitu guru dengan hasil yang di dapat sesuai dengan fungsional dan kebutuhan yang diinginkan oleh pengguna. Web enhanced learning sudah digunakan oleh siswa-siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Tondano dan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti dan guru.

References

Andriansyah, I. (2013). Eksplorasi pola komunikasi dalam diskusi menggunakan moodle pada perkuliahan simulasi pembelajaran kimia (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Boettcher, J., & Conrad, R. M. (1999). Faculty guide for moving teaching and learning to the web.

Henderson, A. J. (2003). The e-learning question and answer book: A survival guide for trainers and business managers. AMACOM Div American Mgmt Assn.

Horton, W., & Horton, K. (2003). E-learning Tools and Technologies: A consumer's guide for trainers, teachers, educators, and instructional designers. John Wiley & Sons.

Michael, A. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada: John Wiley & Sons.

Pusung, R. E., Manggopa, H. K., & Takaredase, A. (2021). Analisis Kendala Dan Alternatif Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 719-730.

Rusman, M. P., & Cepi, R. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Bandung: Alfabeta.

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1 (1), 90-96.

Shalahuddin, M., & Rosa, A. S. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Jakarta: Informatika.

Zebua, D. A. F. (2021). Pembangunan Plugin E-Commerce Multichannel Management Untuk Mengelola Produk Pada Toko Online Berbasis Wordpress (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Turang, R., Krisnanda, M., & Parinsi, M. T. (2022). Pengembangan Web Enhanced Learning pada Mata Pelajaran Komputer Grafis di SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(5), 656-669. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5848