Pengaruh Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5853Keywords:
Project Based Learning, Hasil Belajar, SiswaAbstract
Model Pembelajaran Berbasis Proyek dapat membantu siswa dalam menciptakan hubungan antara siswa menjadi lebih baik dan menghadapi orang lain serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar, baik terhadap kelompok maupun terhadap siswa itu sendiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning terhadap hasil belajar Sistem Komputer siswa kelas X Di SMK Negeri 3 Tondano dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan mengunakan model pembelajaran Project Based Learning untuk kelas eksperimen dan tidak menggunakan pembelajaran Project Based Learning untuk kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis Project Based Learning pada mata pelajaran sistem komputer terhadap hasil belajar peserta didik pada materi arsitektur mikrokontroler.
References
Alfan, M. (2022). Perancangan Aplikasi Manajemen Perawatan Perangkat Keras Komputer Pada PT. Socfin Indonesia. Journal of Computer Science and Informatics Engineering (CoSIE), 78-86.
Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dan Penerapannya pada Anak Usia Dini di TK IT Al-Farabi. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(2), 181-199.
Anwar, Y., Fadillah, A., & Syam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda. Jurnal Pendidikan, 30(3), 399-408.
Asmony, T., Handajani, L., Herwanti, T., & Pituringsih, E. (2020). Pelatihan Sistem Informasi Berbasis Komputer Bagi Pegawai Kontrak Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram Guna Meningkatkan Kualitas Pekerjaan. Jurnal PEPADU, 1(1), 15-23.
Fahrezi, I., & Taufiq, M. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408-415.
Gergorić, T. (2020). Teachersʼ assessment of active learning in teaching Nature and Society. Economic research-Ekonomska istraživanja, 33(1), 1265-1279.
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2019). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Jauhari, M. N., Juhari, J., & Jamhuri, M. (2020). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Bagi Guru-Guru Yayasan Ali Imron Pakamban Sumenep. JRCE (Journal of Research on Community Engagement), 2(1), 14-21.
Kusmijati, N. (2019). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Vii Smp Negeri 2 Purwokerto. In Prosiding Seminar Nasional diselenggarakan Pendidikan Geografi FKIP UMP “Manajemen Bencana di Era Revolusi Industri (Vol. 5).
Mokoginta, H., Sojow, L., & Manggopa, H. K. (2021). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 220-226.
Muda, D. F. I., Rompas, P. T. D., & Batmetan, J. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(4), 544-554.
Pelealu, A., Komansilan, T., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Simulasi Terhadap Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 452-459.
Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.
Prijanto, J. H., & De Kock, F. (2021). Peran guru dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan metode tanya jawab pada pembelajaran online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238-251.
Putri, E. Z., & Ekohariadi, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Chamilo Terhadap Hasil Belajar Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 6(2), 109-118.
Rahayu, L. (2022). Pengaruh Metode Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mtsn 6 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Suharsimi, A. (2012). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan dan Praktik. Dokumentasi. Jakarta: Graha Pustaka.
Wahyuni, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep mahasiswa mata kuliah kapita selekta matematika pendidikan dasar fkip umsu. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(1).