Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK

Authors

  • Abinarti Paende Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Johan Reimon Batmetan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5928

Keywords:

Penggunaan Teknologi Informasi, Motivasi Belajar Siswa, Penelitian Korelasional

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk meneliti pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X (30 orang) yang dipilih secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan teknologi informasi. Berdasarkan hasil persamaan analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai Ŷ = x dimana penggunaan teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas X Smk Negeri 3 Tondano. Dari hasil korelasi menunjukkan nilai r = 0,621 membuktikan bahwa pengaruh antara penggunaan teknologi informasi (variabel X) dengan motivasi belajar siswa (variabel Y) memiliki pengaruh yang berarti. Hal ini menunjukkan bahwa 38% variabel penggunaan teknologi informasi (X) dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa (Y), berdasarkan signifikan Fhitung = 17,631  Ftabel = 4,20, hasil yang diperoleh menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano. Pengaruh variabel X terhadap Y adalah sebesar 38% sedangkan 62% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gonibala, A. S., Sumual, H., & Liando, O. E. S. (2022). Pengaruh Peran Orang Tua dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(4), 490-504.

Mirahyanti, I. G. A., Sumual, H., & Palilingan, V. R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Minat Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(1), 90-99.

Oemar, H. (2009). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo

Papsdorf, C. (2015). How the Internet automates communication, Information, Communication & Society. Routledge, 18(9), pp. 991–1005. doi: 10.1080/1369118X.2015.1008539.

Pondaag, R. A., Pardanus, R. H. W., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kkpi Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 284-296.

Riduwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Garafindo Persada.

Siahaan, S. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustekkomdiknas.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan RD. Bandung: PT Alfabeta

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Paende, A., Mewengkang, A., & Batmetan, J. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(5), 715-723. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5928