Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5928Keywords:
Penggunaan Teknologi Informasi, Motivasi Belajar Siswa, Penelitian KorelasionalAbstract
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk meneliti pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X (30 orang) yang dipilih secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan teknologi informasi. Berdasarkan hasil persamaan analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai Ŷ = x dimana penggunaan teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas X Smk Negeri 3 Tondano. Dari hasil korelasi menunjukkan nilai r = 0,621 membuktikan bahwa pengaruh antara penggunaan teknologi informasi (variabel X) dengan motivasi belajar siswa (variabel Y) memiliki pengaruh yang berarti. Hal ini menunjukkan bahwa 38% variabel penggunaan teknologi informasi (X) dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa (Y), berdasarkan signifikan Fhitung = 17,631 Ftabel = 4,20, hasil yang diperoleh menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano. Pengaruh variabel X terhadap Y adalah sebesar 38% sedangkan 62% dipengaruhi oleh faktor lain.
References
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Gonibala, A. S., Sumual, H., & Liando, O. E. S. (2022). Pengaruh Peran Orang Tua dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(4), 490-504.
Mirahyanti, I. G. A., Sumual, H., & Palilingan, V. R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Minat Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(1), 90-99.
Oemar, H. (2009). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo
Papsdorf, C. (2015). How the Internet automates communication, Information, Communication & Society. Routledge, 18(9), pp. 991–1005. doi: 10.1080/1369118X.2015.1008539.
Pondaag, R. A., Pardanus, R. H. W., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kkpi Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 284-296.
Riduwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Garafindo Persada.
Siahaan, S. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustekkomdiknas.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan RD. Bandung: PT Alfabeta
Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.