Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5928Keywords:
Penggunaan Teknologi Informasi, Motivasi Belajar Siswa, Penelitian KorelasionalAbstract
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk meneliti pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X 30 orang yang dipilih secara acak Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan teknologi informasi Berdasarkan hasil persamaan analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai < em>< a> < em> = < em> x< em> dimana penggunaan teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas X Smk Negeri 3 Tondano Dari hasil korelasi menunjukkan nilai r = 0 621 membuktikan bahwa pengaruh antara penggunaan teknologi informasi variabel X dengan motivasi belajar siswa variabel Y memiliki pengaruh yang berarti Hal ini menunjukkan bahwa 38 variabel penggunaan teknologi informasi X dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa Y berdasarkan signifikan < em>Fhitung < sub>= < em>17 631 < em> nbsp;< em>Ftabel < sub>= 4 20 < em>hasil yang diperoleh menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano < em> Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano Pengaruh variabel X terhadap Y adalah sebesar 38 sedangkan 62 dipengaruhi oleh faktor lain < em>< p>
References
Arikunto S 2002 Prosedur Penelitian Jakarta: PT Rineka Cipta
Gonibala A S Sumual H Liando O E S 2022 Pengaruh Peran Orang Tua dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 4 490 504
Mirahyanti I G A Sumual H Palilingan V R 2022 Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Minat Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 1 90 99
Oemar H 2009 Psikologi Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algessindo
Papsdorf C 2015 How the Internet automates communication Information Communication Society Routledge 18 9 pp 991 1005 doi: 10 1080 1369118X 2015 1008539
Pondaag R A Pardanus R H W Togas P V 2021 Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kkpi Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 284 296
Riduwan 2004 Metode dan Teknik Menyusun Tesis Bandung: Alfabeta
Sardiman A M 2012 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar PT Raja Garafindo Persada
Siahaan S 2010 Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Jakarta: Pustekkomdiknas
Sugiyono 2018 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RD Bandung: PT Alfabeta
Uno H B 2014 Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan Bumi Aksara
