Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5932Keywords:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Komputer Jaringan DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Manado Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan pemberian pre test perlakuan dan post test sampel yang di ambil 2 kelas yaitu kelas X TKJ 1 terdiri 25 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X TKJ 2 terdiri 28 siswa sebagai kelas ekperimen Dalam pengolahan data uji normalitas dan homogentitas menggunakan SPSS Statics versi 26 dan uji hipotesis statistic dilakukan secara manual dengan hasil Thitung< sub> = 5 29 Ttabel< sub> = 1 675285 sehingga H1 < sub>diterima H0< sub> ditolak Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif dan berarti untuk meningkatkan hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Manado < em>< p>
References
Anni C T 2004 Psikologi Belajar Semarang
Hamalik O 2002 Psikologi belajar mengajar Bandung: Sinar Baru Algensindo
Jihad A Haris A 2012 Evaluasi Pembelajaran Yogyakarta: Multi Pressindo
Nashar H 2004 Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Belajar Mengajar Jakarta: Delia Press Cet Ke 2
Priansa D J 2015 Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran CV Alfabeta Bandung: Indonesia
Purwanto 2001 Evaluasi Hasil Belajar Yoogyakarta Pustaka Pelajar
Skinner D F 1973 Sciene And Human Behavior New York Mc Milan
Slameto 2010 Belajar dan faktor faktor mempengaruhinya Jakarta:Rineka Cipta
Thursan H 2000 Belajar secara efektif Jakarta: Pupsa Swara
Wena M 2011 Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Jakarta: PT Bumi Aksara
Winataputra U S Delfi R Pannen P Mustafa D 2008 Teori belajar dan pembelajaran Jakarta: Universitas Terbuka 162
