Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK

Authors

  • Chynthia Febriany Maleke Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Billy Morris Harold Kilis Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5932

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Komputer Jaringan Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan pemberian pre-test, perlakuan dan post-test, sampel yang di ambil 2 kelas yaitu kelas X TKJ 1 terdiri 25 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X TKJ 2 terdiri 28 siswa sebagai kelas ekperimen. Dalam pengolahan data uji normalitas dan homogentitas menggunakan SPSS Statics versi 26 dan uji hipotesis statistic dilakukan secara manual dengan hasil Thitung = 5,29 Ttabel = 1,675285 sehingga H1 diterima H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif dan berarti untuk meningkatkan hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Manado.

References

Anni, C. T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang.

Hamalik, O. (2002). Psikologi belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Jihad, A & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Nashar, H. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Delia Press. Cet. Ke-2.

Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran CV. Alfabeta, Bandung: Indonesia.

Purwanto (2001). Evaluasi Hasil Belajar. Yoogyakarta. Pustaka Pelajar.

Skinner, D. F (1973). Sciene And Human Behavior. New York.Mc.Milan.

Slameto (2010). Belajar dan faktor-faktor mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Thursan, H. (2000). Belajar secara efektif. Jakarta: Pupsa Swara.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2008). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka, 162.

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Maleke, C. F., Kilis, B. M. H., & Mewengkang, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(5), 724-732. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5932