Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK

Authors

  • Excel Natanael Pesik Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Mario Tulenan Parinsi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5933

Keywords:

Nonequivalent Control Grup Desain, Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar

Abstract

Pendidikan merupakan proses sistematis untuk meningkatkan mertabat manusia yang memungkinkan ketika dimensi kemanusiaan paling elementer afektif kognitif dan psikomotorik dapat berkembang secara optimal Dengan demikian pendidikan menjadi wahana strategis bagi upaya mengembangkan segenap potensi individu sehingga cita cita membangun Indonesia seutuhnya dapat tercapai Terlebih lagi Sekolah Menengah Kejuruan SMK dipersiapkan untuk mendidik lulusan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja Selain itu siswa lulusan SMK dianggap memiliki keterampilan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa lulusan sekolah menengah lainnya Berdasarkan observasi yang dilakukan lebih tepatnya pada siswa kelas X sebagai objek penelitian pemberian materi kepada siswa hanya bersifat konvensional ceramah dengan memanfaatkan buku cetak modul sebagai pegangan untuk siswa Dengan hasil belajar yang rendah dan kurangnya fasilitas penunjang belajar Untuk itu peneliti ingin menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Kristen 3 Tomohon Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021 2022 di SMK Kristen 3 Tomohon selama Bulan Maret sampai Mei 2022 Metode penelitian yang akan digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Grup Desain Populasi siswa yaitu 48 orang kemudian menggunakan Random Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dari anggota populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi Dengan kelas ekperimen berjumlah 15 siswa dan kelas kontrol berjumlah 13 siswa < em>< p>

References

Abd Latif N Sumual H Olii D 2022 Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving untuk Peningkatan Hasil Belajar Pemodelan Perangkat Lunak Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 3 374 385

Darmadi H 2017 Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa Yogyakarta: Deepublish

Maisiswati B H Ismatulloh K Uska M Z 2018 Pengembangan Media Pembelajaran CD Tutorial Interaktif Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika 2 2 66 73

Maryati I 2018 Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas vii sekolah menengah pertama Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7 1 63 74

Muda D F I Rompas P T D Batmetan J R 2022 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 4 544 554

Rakian G K K Mewengkang A Palilingan V R 2022 Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 288 294

Sudjana N 2010 Penilaian hasil proses belajar mengajar

Wijayanti N P A Damayanthi L P E Sunarya I M G Putrama I M 2016 Pengembangan e modul berbasis project based learning pada mata pelajaran simulasi digital untuk siswa kelas X studi kasus di SMK Negeri 2 Singaraja Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 13 2 184 197

Yogiswari K S 2018 Pendidikan Holistik Jiddu Krishnamurti Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu 5 1

Yuristia A 2018 Pendidikan sebagai transformasi kebudayaan IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya 2 1 1 13

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(5), 693 698. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5933