Pengaruh Model Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK

Authors

  • Frandi Kinait Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5965

Keywords:

Hasil belajar, Demonstrasi, Komputer, Jaringan Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengtahui Pengaruh Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Pada Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Buko Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Buko Sampel yang diambil yaitu Kelas X TKJ 1 yang menggunakan metode pembelajaran Demontrasi dan Kelas X TKJ 2 yang menggunakan model pembelajaran nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; Demontrasil dengan jumlah 16 siswa di masing masing kelas Berdasarkan tabel di atas skor rata rata pretest kelas eksperimen sebesar 42 19 dengan nilai minimum 30 dan nilai maksimum 55 Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata rata 85 00 nilai minimum 70 dan nilai maksimum 100 Sedangkan pada pretest kelas kontrol sebesar 35 94 dengan nilai minimum 25 dan nilai maksimum 50 Setelah diberi perlakuan pada kelas kontrol terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai rata rata 74 38 nilai minimum 65 dan nilai maksimum 90 Data tersebut diperoleh dari nilai pretest dan posttest siswa baik kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan X TKJ 1 sebagai kelas kontrol < em>< p>

References

Arikunto S 2009 Dasar dasar Evaluasi Pendidikan edisi revisi

Asih E D 2020 Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X di SMKN 1 Dumai Tahun Ajaran 2020 2021 Jurnal Tadzakkur 2 2 23 37

Aslan A 2018 Makna Kurikulum Terhadap Teori Tentang Belajar Pada Perubahan Perilaku Anak Didik Cross border 1 2 56 65

Can E T 2020 Efforts to Improve Student Learning Outcomes Through Learning Based Models Problems in Science Subjects International Journal of Technology Vocational Education and Training 1 2 155 160

Festiawan R 2020 Belajar dan pendekatan pembelajaran Universitas Jenderal Soedirman 1 17

Hairani E 2018 Pembelajaran sepanjang hayat menuju masyarakat berpengetahuan Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 2 1 355 377

Idris M 2018 Pendidikan Karakter: Perspektif Islam Dan Thomas Lickona Ta dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7 1 77 102

Nonik N N Raga I G Murda I N 2013 Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Widya Dharma Bondalem Tejakula Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 1 1

Siniakon R Mintjelungan M M Mewengkang A 2021 Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Wan Siswa Kelas SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 342 349

Wasti S 2013 Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang Journal of Home Economics and Tourism 2 1

Widyaninggar A A 2015 Pengaruh efikasi diri dan lokus kendali locus of control terhadap prestasi belajar matematika Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 4 2

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6), 699 708. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5965