Pengaruh Model Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK

Authors

  • Frandi Kinait Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5965

Keywords:

Hasil belajar, Demonstrasi, Komputer, Jaringan Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengtahui Pengaruh Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Pada Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Buko. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Buko, Sampel yang diambil yaitu Kelas X TKJ 1 yang menggunakan metode pembelajaran Demontrasi dan Kelas X TKJ 2 yang menggunakan model pembelajaran      Demontrasil dengan jumlah 16 siswa di masing-masing kelas, Berdasarkan tabel di atas, skor rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 42,19 dengan nilai minimum 30 dan nilai maksimum 55. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 85.00 nilai minimum 70 dan nilai maksimum 100. Sedangkan pada pretest kelas kontrol sebesar 35.94 dengan nilai minimum 25 dan nilai maksimum 50. Setelah diberi perlakuan pada kelas kontrol terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata 74.38, nilai minimum 65 dan nilai maksimum 90. Data tersebut diperoleh dari nilai pretest dan posttest siswa, baik kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan X TKJ 1 sebagai kelas kontrol.

References

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi).

Asih, E. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X di SMKN 1 Dumai Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Tadzakkur, 2(2), 23-37.

Aslan, A. (2018). Makna Kurikulum Terhadap Teori Tentang Belajar Pada Perubahan Perilaku Anak Didik. Cross-border, 1(2), 56-65.

Can, E. T. (2020). Efforts to Improve Student Learning Outcomes Through Learning-Based Models Problems in Science Subjects. International Journal of Technology Vocational Education and Training, 1(2), 155-160.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1-17.

Hairani, E. (2018). Pembelajaran sepanjang hayat menuju masyarakat berpengetahuan. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 2(1), 355-377.

Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam Dan Thomas Lickona. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 77-102.

Nonik, N. N., Raga, I. G., & Murda, I. N. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Widya Dharma Bondalem Tejakula. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).

Siniakon, R., Mintjelungan, M. M., & Mewengkang, A. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Wan Siswa Kelas SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 342-349.

Wasti, S. (2013). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Journal of Home Economics and Tourism, 2(1).

Widyaninggar, A. A. (2015). Pengaruh efikasi diri dan lokus kendali (locus of control) terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2).

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Kinait, F., Waworuntu, J., & Mewengkang, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(5), 739-748. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5965